Jalan Riau Kini Sudah Bebas Kabel Udara

Penurunan kabel secara simbolis, yang dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, Selasa (6/2/2024). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Jalan LLRE Martadinata (Riau) Kota Bandung kini telah bebas dari kabel udara. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah menyelesaikan penurunan kabel udara, di akses persimpangan (crossing) yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut hingga persimpangan Jalan Ahmad Yani.

Finalisasi penurunan kabel secara simbolis dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, Selasa (6/2/2024).

“Saat ini kabel udara di dua ruas jalan telah kami turunkan dan kabel udara di beberapa ruas jalan juga telah kami rapikan,” kata Bambang kepada wartawan, di Balai Kota Bandung, Rabu (7/2/2024).

Total, ada 5 crossing di sepanjang jalan LLRE Martadinata (Riau) yang telah diselesaikan. Penyelesaian penurunan kabel udara di ruas Jalan Riau ini juga, melibatkan kolaborasi dari PDAM Tirtawening.

Pemkot Bandung menargetkan kabel udara di 13 ruas jalan untuk diturunkan. Hal ini merupakan upaya meningkatkan rasa nyaman serta menambah estetika kota.

Selain itu, kabel udara di 58 ruas jalan Kota Bandung juga akan diturunkan dalam kurun waktu sekitar tiga tahun ke depan.

Pengerjaan ini akan dilakukan PT. Bandung Infra Investama dengan PT. Jaringan Pintar Bersama dengan skema Business to Business (B2B).

Bambang menyambut positif kerjasama PT. BII dengan PT. Jaringan Pintar Bersama terkait penurunan kabel udara ini.

Menurutnya, kerja sama B2B ini dapat mengakselerasi progress penurunan kabel udara di ruas-ruas jalan Kota Bandung.

“Cita-cita masyarakat dan pemerintah Kota Bandung adalah bebas dari kabel udara,” ujar Bambang.

Dengan kondisi dan proses pembangunan yang ada, Bambang menyebutkan, sulit jika upaya penurunan kabel udara hanya mengandalkan Pemkot Bandung.

Oleh karenanya, PT. BII ditugaskan untuk mengerjakan penurunan kabel udara dengan skema Business to Business.

“Ini percepatan. Saat ini ada dua ruas jalan yang baru kami selesaikan (turunkan kabel udara) dan kabel udara di beberapa ruas jalan juga telah kami rapikan,” terangnya.

Ia meminta dukungan seluruh elemen masyarakat Kota Bandung untuk menyukseskan upaya penurunan kabel udara ini, dengan tujuan menghadirkan kota yang nyaman dan bisa dinikmati oleh semua yang ada di sini.