Bawaslu Papua Selatan Temukan 5000 Surat Suara Lebih di Mappi

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebanyak 5000 Surat suara DPR Provinsi Papua Selatan ditemukan lebih sekitar 5000 lembar di Dapil 3 Kabupaten Mappi.

Bawaslu Papua Selatan sudah mengecek langsung di lapangan dan menindaklanjuti lebih jauh kelebihan surat suara tersebut. Hasil tindaklanjut membuktikan ada kelebihan surat suara yang masih tersimpan di gudang.

“Jika nanti benar kalau itu adalah surat suara sisa maka harus dimusnahkan sebelum pemilihan berlangsung disaksikan KPU, Bawaslu dan pihak kepolisian,” terang Komisioner Divisi Pencegahan, Humas dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Provinsi Papua Selatan, Ahmad Muhazir, Selasa (6/2/2024).

Bawaslu Papua Selatan sudah berkomunikasi dengan KPU Papua Selatan perihal temuan tersebut. Bahkan, lanjut Muhazir, KPU Papua Selatan belum mengetahui informasi tersebut. Setelah mengetahui laporan dari Bawaslu, KPU baru beratensi untuk mengecek kebenaran di lapangan. Sehingga dalam waktu dekat ini Bawaslu dan KPU mengagendakan menindaklanjuti hasil temuan itu.

Selain itu, ditemukan ada plus TPS Khusus di Distrik Jair Kabupaten Boven Digoel dan Tim Bawaslu tengah melakukan pengecekan di Distrik Jair. Selanjutnya, menunggu seperti apa hasil pengecekan di lapangan.