TKN Klaim Penanganan Sampah di Solo Bukti Gibran Inovatif

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyapa warga saat blusukan di kawasan Warakas, Jakarta Utara, Selasa (16/1/2024).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono, mengeklaim penanganan sampah di Solo, Jawa Tengah, menjadi bukti bahwa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka inovatif dalam menyelesaikan masalah lingkungan.

“Bisa dicek rekam jejaknya, banyak kok terobosan-terobosan, inovasi-inovasi soal lingkungan di Solo. Tahun lalu Solo dapat penghargaan Adipura Kota Besar. Pengelolaan sampah dan RTH (ruang terbuka hijau, red) di Solo itu salah satu yang terbaik,” kata Budi dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Budi mencontohkan Solo di bawah kepemimpinan putra sulung Presiden RI Joko WIdodo itu mampu berinovasi mengelola sampah yang kerap menjadi sumber persoalan lingkungan.

Salah satunya, Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo atau dikenal sebagai PLTSa Solo. Generator listrik dengan teknologi plasma gasifikasi itu telah beroperasi secara resmi sejak Oktober 2023 dan telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

“Di Solo ada teknologi yang bisa mengubah sampah jadi energi listrik. Itu kan inovasi. Di banyak tempat sampah sering jadi masalah lingkungan,” katanya.

Pengelolaan sampah di Solo, menurut Budi, membuktikan Gibran punya perhatian khusus pada isu lingkungan hidup.

Ia menyebut program penangan sampah di Solo akan dikembangkan se-Indonesia jika Gibran bersama Prabowo Subianto memenangkan Pilpres 2024.

“Pelestarian lingkungan hidup jadi salah satu dari 17 program prioritas Prabowo-Gibran. Jadi, apa yang berhasil Mas Gibran lakukan di Solo akan dikembangkan secara nasional, insyaallah kalau Prabowo-Gibran menang,” katanya.

Pernyataan itu disampaikan Budi menyoroti tema debat keempat yang akan diselenggarakan oleh KPU RI pada Minggu (21/1). Tema debat keempat adalah meliputi energi, sumber daya alam, pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

KPU RI telah menetapkan peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Ginran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.