Perindagkop Papua Selatan Serahkan Alat Press Batu Bata di Kampung Senayu

Penyerahan bantuan alat press batu bata. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Perindagkop Papua Selatan menyerahkan bantuan alat press batu bata bagi kelompok industri orang Asli Papua di Kampung Senayu Kabupaten Merauke, Senin (15/1/2024).

Bantuan tersebut bersumber dari dan Otsus Papua Selatan 2023 dengan sasaran selain di Senayu 1 unit juga di Kampung Kamangi 2 unit, dan Wasur. Bantuan juga diberikan berupa mesin pengupas kulit, penggilingan kopi, pecah kemiri diberikan untuk warga Papua beberapa kampung lainnya di Merauke dan di Kabupaten Boven Digoel.

Sasaran bantuan diberikan pemerintah adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat asli Papua sehingga ada dukungan terhadap kreatifitas yang dihasilkan orang asli Papua yang mendiami kampung-kampung.

“Selanjutnya kita komit akan lakukan pemantauan atau pengawasan terhadap pemanfaatan alat yang dibantu. Dan tahun ini kita rencana serahkan ke Mappi sama Asmat,” terang Kepala Dinas Perindagkop Papua Selatan, Laurensius Waimu, Rabu (17/1/2024) di Merauke.

Diharapkan setiap bantuan dan perhatian yang diberikan pemerintah kepada masyarakat dapat dimanfaatkan dengan baik serta berkelanjutan, sebab nilai bantuan untuk pengadaan mesin-mesin tersebut cukup besar. Untuk tahun 2023, total dana Otsus yang dianggarkan untuk Perindagkop Papua Selatan sekitar Rp6,8 miliar.