Orideko Iriano, Terbitnya Harapan Baru Masyarakat Raja Ampat Di Tahun 2024

Orodeko Iriano Burdam, S.IP.,

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Masyarakat Raja Ampat kini memprihatinkan kondisi adat dan lingkungan alam, perekonomian, pendidikan, kesehatan, kepariwisataan, SDM , keuangan dan tata laksana pemerintahannya, mereka berharap dan menanti akan lahirnya seorang pemimpin baru yang hendak membawa perbaikan, perubahan dan, kemajuan pada era baru pemerintahan kabupaten Raja Ampat periode 2024 – 2029.

Harapan hidup baru seseorang maupun kelompok masyarakat, tak lepas dari falsafah hidup yang dianut oleh suku bangsanya, yang kemudian menjadi symbol sebuah kaum bangsa, dan dipakai sebagai pedoman hidup.

Dalam kekristenan, harapan baru bangsa Israel adalah lahirnya Sang Juru Slamat yang dipresentasikan dengan symbol Tiga Orang Majus melalui petunjuk bintang penebus ( bintang Daud ), sementara dalam filosofi Jawa dikenal dengan Notonetogoro, di Jepang dengan Dewa Matahari.

Di Tanah Papua, Suku Byak dan suku Tbadic, juga memiliki falsafah hidup yang menjadikan Matahari Terbit sebagai pandangan hidup baru “ Oridek dan Tab “

Mentari terbit memberikan arti semangat munculnya kehidupan baru, dimana seiring dengan munculnya sinar fajar, maka disitu pula telah muncul harapan suatu kaum terhadap kehidupan dan kekuatan baru yang lebih baik dari sebelumnya, bersamaan dengan lahirnya seorang pemimpin baru pula yang nantinya akan membawa perubahan hidup bagi kaumnya.

Setiap orang tua ketika anaknya akan lahir, dia telah mempersiapkan sebuah nama yang mengandung arti dan makna serta harapan kepada si buah hatinya, agar dewasa nanti menjadi manusia berguna seperti nama yang disematkan pada anaknya.

Pujangga Inggris kelahiran 1564 dalam karyanya Romeo and Juliet, menuliskan sebuah ungkapan yang kemudian terkenal hingga sekarang, “ What Is A Name “ ? Apa arti yang terkandung dalam sebuah nama, lebih popular dikenal dengan istilah “ Apa Arti Sebuah Nama “
Orideko Iriano terdiri dari dua kata Byak Orideko dan Iriano, Orideko sendiri terbagi menjadi tiga kata Or artinya Matahari, Idek artinya Terbit, O menunjukkan tempat atau posisi. Orideko artinya Matahari Telah Terbit ( Sinar Fajar )

Sementara Iriano terdiri dari dua kata, Irian merupakan kata sifat yang artinya semangat, kata benda berarti pulau atau orang Papua; O sendiri merupakan kata penunjuk jati diri . Iriano berarti jati diri manusia dan tanah Papua.

Secara harafiah Orideko Iriano dapat diterjemahkan seperti sebuah sinar fajar yang telah terbit di Tanah Papua, atau sebuah harapan baru yang telah terbit di Papua.

Ketika memasuki tahun baru 2024 yang juga adalah tahun politik dan pesta demokrasi, masyarakat Raja Ampat pun memiliki harapan baru akan lahirnya seorang pemimpin baru yang dapat menjawab keresahan , kekuatiran dan dapat mewujudkan mimpi serta harapan mereka tentang Raja Ampat Baru yang Sehat dan maju.

Di Raja Ampat, ada sosok seorang pemimpin bernama ORIDEKO IRIANO BURDAM, apakah keprihatinan dan harapan masyarakat Raja Ampat akan lahirnya pemimpin baru yang akan membawa perbaikan, perubahan dan kemajuan di tahun 2024, sesuai nama dan harapan orang tuanya ??

Berbagai kalangan menilai, Orideko Iriano Burdam S.I.P, M.M, M.Ec.Dev merupakan harapan dan semangat baru masyarakat Raja Ampat yang telah terbit di tahun 2024, untuk melakukan perbaikan, membawa perubahan dan kemajuan bagi masyarakat Raja Ampat. Dia Orang Baik !!

Selamat Tahun Baru 2024