Menteri Perdagangan RI Segera Tindaklanjuti Masalah Jaringan Internet di Merauke

Penyambutan Menteri Perdagangan di Bandara Merauke oleh Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Menteri Perdagagangan RI Zulkifi Hasan akan menindaklanjuti masalah putusnya jaringan internet yang terjadi berulang hampir setiap tahun di Merauke, Papua Selatan.

Selasa (23/1/2024) pagi, Menteri Perdagangan RI tiba di Bandara Mopah dalam kunjungan kerjanya selain sebagai menetri juga sebagai Ketua DPP PAN di Papua Selatan. Kesempatan yang sama Ketua DPW PAN Papua Selatan Abdul Ganing menyampaikan keluhan terkait jaringan hingga membuat masyarakat resah.

“Saya bilang sama beliau kalau bisa Menkominfo punya solusi untuk kita di Merauke, jangan samapai mengalami terus seperti ini. Puji Tuhan, Alhamdulilah, beliau support dan akan sampaikan ke Menkominfo supaya segera dilakukan perbaikan,” terang Ketua DPW PAN Papua Selatan di Swissbel Hotel Merauke pasca kembalinya menteri mengingat kunjungan kerja di Merauke tidak lama.

Menteri Perdagangan berjanji akan datang lagi usai Pemilihan legislatif (Pileg), guna melihat pasar yang dibangun di Merauke bagi mama-mama Papua.

“Sebagai menteri perdagangan beliau sangat serius menanggapi jaringan karena putusnya jaringan internet mempengaruhi pada aktifitas perdagangan, harga pasar dan dampak secara umum bagi masyarakat. Yang tadinya pemesanan barang bisa via Watshap, karena tidak ada jaringan harus datang pakai kendaraan,” ujar Abdul Ganing.

Selain itu, para pedagang online, pelaku UMKM juga mengalami kesulitan di era digitalisasi seperti sekarang ini ketika jaringan internet putus secara berulang.