Mahfud Soal Ajakan Ngopi Prabowo: Tak Semua yang Dinyatakan itu Rahasia

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD (Foto: instagram/@mohmahfudmd).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut tiga Mahfud MD menanggapi ajakan Prabowo Subianto terhadap Anies Baswedan terkait tudingan ‘orang dalam’ perihal pengadaan alutsista dan food estate. Mahfud menilai tidak semua yang dinyatakan bersifat rahasia.

“Debat itu ya datanya dibuka di debat itu, bukan ngajak ngomong berdua. Dan tidak semua yang ditanyakan tuh rahasia,” ucap Mahfud ditemui di Gelanggang Dharma Ayu, Indramayu, Jawa Barat, dikutip Teropongnews, Senin (8/1/2024).

Selain itu, anggaran yang menjadi pertanyaan pada debat capres ketiga semalam disebutnya bukanlah hal yang bersifat rahasia. Ia juga menyinggung ajakan Prabowo yang ingin membicarakan hal tersebut melalui diskusi, bukan pada forum debat.

“Rahasia tuh ada undang-undangnya. Yang disebut rahasia negara itu misalnya orang desersi, strategi pertahanan, intelijen. Itu rahasia negara,” katanya.

“Kalau anggaran, kalau anggaran itu dibuka ke publik karena itu tanggung jawab ke publik. Bukan ngajak ngomong berdua bicara data, yang satu udah bicara data ini datanya, lalu dia nanti kita omong berdua, enggak boleh dong. Ini debat, harus ke publik jelaskan juga itu, salahnya data di sini, saya punya gitu, kalau ngajak ngomong berdua, namanya itu rembukan, bukan debat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, saat debat capres berlangsung, Prabowo mengatakan Anies menyampaikan data-data yang keliru alias salah. Dia mengaku siap untuk diskusi lebih lanjut soal data-data yang ditudingkan Anies.