BeritaKesehatan

Layanan BPJS Kesehatan Keliling Permudah Warga Akses JKN

×

Layanan BPJS Kesehatan Keliling Permudah Warga Akses JKN

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM – Layanan BPJS Kesehatan Keliling merupakan kegiatan jemput bola yang dilaksanakan untuk memberikan kemudahan akses layanan bagi masyarakat peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Layanan administrasi JKN yang memiliki konsep tatap muka dan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat ini, rutin dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sorong di berbagai tempat secara berkala.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala BPJS Kesehatan, Pupung Purnama saat dikonfirmasi terpisah sesuai pelaksanaan BPJS Kesehatn Keliling, Rabu (17/1/2024).

3045
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“BPJS Kesehatan keliling merupakan kanal layanan alternatif untuk memudahkan akses peserta JKN. Peserta tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan jika membtuhkan layanan. Tinggal tunggu jadwalnya, maka petugas kami akan hadir langsung di seputaran lokasi publik tempat masyarakat berkumpul,” ungkap Pupung.

Pupung menerangkan, selain layanan tatap muka langsung di kantor atau pun berbagai layanan non tatap muka digital yang dapat dimanfaatkan oleh peserta melalui handphone, kanal BPJS Kesehatan Keliling juga dapat menjadi alternatif solusi bagi peserta yang memiliki tempat tinggal jauh atau yang masih terkendala dengan fasilitas internet.

Dia menginformasikan, layanan ini akan terus dijalankan minimal setiap minggu sekali dan akan menyarasar berbagai lokasi seperti kantor pemerintahan, fasilitas kesehatan, pasar dan berbagai lokasi strategis lainnya yang merupakan titik kumpul masyarakat.

“Prioritas BPJS Kesehatan keliling saat ini adalah di lokasi-lokasi yang letaknya jauh dari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong, seperti di Kantor Kelurahan Tampa Garam yang baru saja dilaksanakan hari ini, “terangnya.

Menurutnya, kehadiran BPJS Kesehatan Keliling di setiap tempat juga sangat dinanti. Hal itu bisa kita liat dari antusias masyarakat yang selalu hadir memanfaatkan kanal ini.

“Tadi tercatat kurang lebih delapan belas orang yang telah memanfaatkan layanan administrasi dan beberapa lainnya yang hanya sekedar bertanya terkait informasi JKN,” katanya.

Pupung menambahkan, jenis layanan yang dapat dimanfaatkan pada kegiatan BPJS Kesehatan Keliling adalah sama dengan yang dapat diperoleh di Kantor BPJS Kesehatan.

Layanan administrasi JKN yang dapat dimanfaatkan seperti pendaftaran peserta baru, perubahan data kepesertaan, pengalihan status kepesertaan, pengecekan status kepesertaan, permintaan informasi dan pengaduan serta berbagai layanan administrasi lainnya.

Pekan depan rencananya BPJS Kesehatan Keliling akan dilaksanakan di Puskesmas dan Kelurahan Tanjung Kasuari, Kelurahan Tampa Garam, Kelurahan Suprau dan Kelurahan Saoka.

Salah satu peserta JKN yang telah memanfaatkan langsung layanan BPJS Kesehatan keliling adalah Hendrika Rumabar.

Warga Jl. Trikora, Kelurahan Tampa Garam, Distrik maladum Mes ini mengatakan, sebelumnya dirinya mendengar pengumuman akan hadir nya BPJS Keliling di Kantor Kelurahan, dirinya pun langsung datang bersama keluarga untuk mendapatkan layanan administrasi.

Setelah mendapatkan layanan, dirinya pun lega karena status kepesertaan JKN miliknya dan keluarganya semuanya aktif.

“Layanan ini sangat bagus, saya tidak perlu mengantre. Lebih bagus dan sangat terbantu ada pelayanan disini, jadinya saya tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor BPJS untuk mendapatkan pelayanan,” kata Hendrika.

Sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Hendrika mengaku, dirinya juga sebelumnya sudah pernah memanfaatkan kartu JKN untuk mendapatkan pelayanan.

Waktu itu dia sempat sakit dan mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tampa Garam. Menurutnya, semua petugas sangat baik dalam memberikan pelayanan kesehatan, mulai dari dokter dan perawat semuanya ramah. Dia pun tidak dipernah dibebankan biaya saat melakukan pemeriksaan.

“Pelayanan BPJS Kesehatan Keliling disini sangat membantu, pelayanan di Puskesmas juga sangat bagus. Saya harap orang-orang bisa memanfaatkan BPJS dengan baik dan selalu memastikan kartunya aktif. BPJS bagus semuanya,” pungkas Hendrika.