Kunjungi Kota Sorong, Anies Janji Bawa Perubahan

Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan saat menyalami warga kota Sorong di depan Aston Hotel Kota Sorong. (Foto:Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan disambut ribuan pendukungnya di Aston Hotel, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (16/1/2023).

Pantauan media ini, Anies beserta rombongan disambut secara adat saat tiba di depan hotel Aston Sorong. Tampak ribuan pendukung Anies yang sudah menunggu sejak pagi sangat antusias menyambut mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dalam orasinya di hadapan pendukung, Anies menyampaikan masyarakat Indonesia khususnya Papua Barat Daya membutuhkan perubahan.

“Republik ini didirikan untuk memberikan rasa keadilan supaya kemakmuran bisa dinikmati oleh semua. Itulah sebabnya, misi kita adalah Indonesia adil makmur untuk semua,”ujarnya Anies.

Menurut Anies, masyarakat butuh perubahan agar hidup mereka lebih mudah, kebutuhan sehari-hari terpenuhi, biaya rumah tangga lebih murah, dan juga bisa menabung.

“Kita menyadari harga beras mahal, sementara petani menjual gabah murah. kenapa petani tidak bisa menabung?, karena ongkosnya lebih tinggi daripada pendapatannya, bukannya menabung malah punya hutang. Itu masalah yang sudah terjadi bertahun-tahun,”jelasnya.

Menurut Anies, hal tersebut bukanlah persoalan rumit dan sulit, melainkan hanya persoalan yang selama ini dibiarkan dan tidak diselesaikan.

“Persoalan beras, petani bukan hal yang rumit, hanya selama ini dibiarkan, oleh karena itu dibutuhkan perubahan supaya biaya rumah tangga menjadi lebih murah, biaya pendidikan lebih murah, begitu juga biaya kesehatan, itu semua membutuhkan perubahan,”katanya.

Lebih lanjut dikatakan Anies, Sorong yang menjadi salah satu tempat bagi pusat kemajuan di Papua, yang memiliki dampak perekonomian warga di sekitarnya. Oleh karena itu ia menyiapkan rencana khusus untuk Papua, khusus Sorong. Di mana Sorong akan dijadikan salah satu dari 40 kota yang dikembangkan setara Jakarta.

“Sorong menjadi salah satu dari 40 kota yang dikembangkan, karena kita ingin Indonesia maju sama-sama. Kalau kita hanya bangun satu kota, lalu yang lain bagaimana?. Kita bangun 40 kota supaya ratusan kabupaten/kota di sekitarnya merasakan kemajuan,”terangnya.

Selain itu, Anies juga berencana menjadikan Sorong sebagai kota Agromaritim di Indonesia, yang artinya Sorong akan menjadi pusat untuk pelayanan pertanian dan pertanian.

“Dengan begitu pelabuhanya bisa direvitalisasi, petani dan nelayannya dibantu supaya punya modal, akses solar mudah, dapat pupuk dengan mudah, sehingga kegiatan petanian dan perikanan maju di Sorong ini. Kalau itu terjadi, dampaknya bukan hanya di Sorong tapi seluruh Papua Barat Daya merasakannnya,”pungkasnya.