KPU Merauke Serahkan Surat Suara Untuk Dilipat Siswa SMA Negeri 1

Penyerahan surat suara dari Ketua KPU Merauke ke pihak sekolah SMA Negeri 1 Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Surat suara Presiden dan wakil presiden diserahkan KPUD Kabupaten Merauke ke SMA Negeri 1 Merauke untuk dilakukan pelipatan.

Total 84 koli atau 166.569 surat suara diserahkan Ketua KPU Merauke Rosina Kebubun didampingi Ketua KPU Papua Selatan Theresia Mahuze dan Sekda Merauke Yermias Ndiken. Sekanjutnya dilakukan pelipatan terpusat di Aula SMA Negeri 1 Merauke Senin (15/1/2024).

“Surat suara ini salah satu logistik pemilu yang paling penting dan hari ini mulai dilakukan pelipatan. Mengapa kita minta siswa sekolah, ini sebagai edukasi pemilu suoaya generasi muda berpartisipasi untuk memilih,” ucap Theresia Mahuze dalam sambutannya.

Pelipatan surat suara melibatkan tiga sekolah yakni SMA Negeri 1, SMA Negeri 3 dan SMK Negeri 1. Proses pelipatan akan memakan waktu 2 – 3 hari kemudian kembali dilanjukan sortir oleh petugas KPU untuk kemudian siap didistribusikan ke TPS. Distrik terjauh paling lambat H-7, distrik terdekat di H-3 dan distrik Merauke H-1.

Untuk Papua Selatan lanjut Theresia, logistik pemilu tahap pertama telah tiba yaitu kotak, bilig, segel dan tinta. Logistik tahap dua yaitu surat suara presiden dan wapres, DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten. Namun yang sudah sampai baru surat suara Presidsn dan wakil presiden, sisanya masih dalam pengiriman.

Sementara Sekda Merauke, Yermias Ndiken berharap seluruh proses persiapan menuju pelaksanaan Pemilu bisa berjalan baik, aman dan lancar tanpa masalah.