Jelang Debat Capres, Andika Perkasa Yakin Ganjar Pranowo Mumpuni Jadi Panglima Tertinggi karena Tiga Hal

Jenderal TNI Purn. Andika Perkasa mengikuti rapat team pemenangan nasional (TPN) Ganjar Pranowo di Gedung High End MNC, Jakarta. (Foto: Ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Jenderal TNI (Purn.) Andika Perkasa yakin calon presiden (capres) nomor 3 Ganjar Pranowo akan mumpuni sebagai panglima tertinggi Republik Indonesia.

“Mas Ganjar adalah seorang nasionalis sejati yang punya visi yang jelas dan pengalaman tata kelola yang baik sebagai anggota DPR dua periode dan Gubernur Jawa Tengah dua periode,” kata mantan Panglima TNI itu dikutip Teropongnews, Sabtu (6/1/2024).

Menilik visi dan misi Ganjar-Mahfud, Andika menilai Ganjar dapat melakukan perencanaan yang lebih strategis dan relevan dengan perkembangan zaman.

“Ada tiga hal yang membuat saya yakin Mas Ganjar bisa jadi panglima tertinggi yang lebih baik. Pertama, modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) yang adaptif dengan teknologi 5.0. Kedua, pembentukan angkatan siber TNI, dan yang ketiga membangun industri pertahanan dan keamanan (hankam) kelas dunia secara selektif di dalam negeri,” jelas jenderal bintang empat ini.

Selain itu, Andika menjelaskan bahwa membangun industri hankam kelas dunia secara selektif di Indonesia guna memenuhi kebutuhan anggaran aluatsista yang terperinci.

“Ganjar-Mahfud berambisi menaikkan derajat rakyat. 17 juta lapangan pekerjaan akan dibuka, salah satunya adalah melalui pembangunan industri pertahanan kelas dunia. Dengan begitu, tidak hanya mengurangi pengangguran, tapi juga akan mengurangi utang negara dari belanja alutsista yang berlebihan dari luar negeri,” tegasnya.

Selain soal modernisasi dan ekonomi, ada isu kesejahteraan TNI dan POLRI yang disorot Jenderal TNI (Purn.) itu. Diketahui, misi gerak cepat Ganjar-Mahfud juga mencakup isu tersebut.

“Mas Ganjar itu anak polisi berpangkat rendah. Beliau sangat paham permasalah kesejahteraan dan ekonomi aparat. Bisa dilihat dari apa yang beliau rumuskan menjadi program prioritas, di mana akan ada jaminan kebutuhan dasar prajurit dan keluarga yang lebih berkualitas dan beasiswa khusus untuk anak-anak bintara dan tamtama POLRI maupun TNI melalui Program Kuliah Gratis Anak TNI dan POLRI,” sebutnya.

Program Kuliah Gratis Anak TNI dan POLRI akan yang menjamin lebih banyak anak TNI dan POLRI bergelar sarjana untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

“Jika kita sudah kuat di dalam negeri, saya yakin Indonesia akan jaya di luar negeri. Pandangan Mas Ganjar soal globalisasi dan politik luar negeri juga pantas menjadi alasan masyarakat menjatuhkan pilihan kepada beliau,” pungkas Andika.

Debat capres Minggu, 7 Januari 2024 akan menyoroti pertahanan, keamanan, hubungan internasional, geopolitik, globalisasi, dan politik luar negeri.