Dua Simpatisan KKB Pimpinan Manfred Fatem di Maybrat Ditangkap

Satuan Tugas Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti berhasil membekuk dua orang Kurir Logistik KST TPNPB Kodap IV/Sorong Raya di tengah hutan.

TEROPONGNEWS.COM,MAYBRAT – Satuan Tugas Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti berhasil membekuk dua orang Kurir Logistik KST TPNPB Kodap IV/Sorong Raya di tengah hutan Kampung Aisa, Distrik Aifat Timur Jauh, Senin (22/1/2024) lalu.

dua orang tersebut berperan sebagai Kurir Logistik sekaligus sebagai agen Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap IV/Sorong Raya Pimpinan Manfred Fatem.

Dansatgas Yonif 133/YS Letkol Inf Andhika Ganessakti menjelaskan bahwa penangkapan itu bermula pada saat dua Tim Mobile Sakti Satgas Yonif 133/YS sedang melaksanakan kegiatan Patroli dan Ambus. Saat itu Tim Mobile Sakti melihat dua orang mencurigakan sedang berada di tengah hutan, dan ketika dihampiri kedua orang tersebut beralasan bahwa mereka sedang berburu.

“Anak buah saya pun tidak percaya begitu saja, mengingat jarak berburu mereka sudah terlalu jauh dari perkampungan. Tidak kehabisan akal sampai disitu, kami pun kemudian mengecek HP mereka dan ditemukan bukti percakapan via SMS antara kedua kurir tersebut dengan saudara Manred Fatem Pimpinan KST TPNPB Kodap IV/Sorong Raya,”jelas Letkol Andhika.

Dari keterangan singkat yang diberikan, kedua kurir tersebut mengakui bahwa selama ini mereka bertugas untuk mengumpulkan dan mengirim logistik yang di butuhkan oleh kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) tersebut.

Selain itu, mereka juga mengakui telah banyak memberikan informasi terkait keberadaan atau kegiatan aparat TNI-Polri di sekitar wilayah Kabupaten Maybrat. Atas dasar tersebut Tim pun mengamankan keduanya untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak Kepolisian Polres Maybrat.

Kedua Kurir tersebut diketahui bernama Williem Wakom (35 dan Dominggus Maomo (45), warga Aimasa lama, distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat.

Hingga kini, Pasukan Yudha Sakti masih terus melaksanakan tugas operasinya guna mengembangkan proses pemburuan KKB yang diduga masih berkeliaran di dalam hutan.

Dari pendalaman keterangan dua orang kurir OPM tersebutlah, Satgas Yonif 133/YS berhasil merangsak masuk untuk menguasai dan memusnahkan markas KKB Kodap IV Sorong Raya Pimpinan Manfred Fatem pada pekan lalu, serta berhasil mengamankan berbagai barang bukti.