BAT, Lion Group : Garis Program Ramah Lingkungan dalam Perawatan Pesawat Udara

Batam Aero Technic (BAT), anak perusahaan dari Lion Group yang bergerak di bidang Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) atau perawatan, perbaikan dan pemeriksaan pesawat udara . Ist.

Fokus BAT pada model ramah lingkungan mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keinginan, tanggung jawab perusahaan, dan visi jangka panjang yang berfokus pada pertumbuhan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

TEROPONGNEWS.COM, BATAM – Batam Aero Technic (BAT), anak perusahaan dari Lion Group yang bergerak di bidang Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) atau perawatan, perbaikan dan pemeriksaan pesawat udara melaksanakan program perawatan pesawat udara yang fokus pada keinginan dan kepedulian terhadap lingkungan. Inisiatif ini merupakan langkah penting dalam mendukung ekosistem dan menunjukkan komitmen terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab.

Program perawatan pesawat ramah lingkungan yang diadopsi oleh BAT melibatkan penggunaan bahan-bahan lebih ramah lingkungan, optimalisasi penggunaan sumber daya, serta penerapan teknologi terbaru yang efisien dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. 

BAT percaya bahwa langkah tersebut bertujuan meningkatkan efisiensi operasional dan membantu melestarikan lingkungan. Melalui program ini, BAT berupaya menjadi bagian dalam industri perawatan pesawat udara yang ramah lingkungan di Indonesia dan global.

Upaya-upaya yang dilakukan Batam Aero Technic (BAT) dalam perawatan pesawat udara yang mendukung konsep ramah lingkungan meliputi berbagai aspek, terdiri dari inisiatif kunci:

1.       BAT mengutamakan penggunaan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan dalam proses perawatan, termasuk penggunaan pelumas, cat, bahan kimia dan lainnya yang memiliki dampak lingkungan yang lebih rendah.

2.       Dalam proses perawatannya, BAT menerapkan sistem pengelolaan limbah yang efisien dalam memastikan bahwa semua limbah, termasuk limbah kimia dan bahan-bahan lainnya, diolah dan didaur ulang atau dibuang dengan cara yang aman dan bertanggung jawab.

3.       BAT mendorong praktik daur ulang bahan-bahan tertentu guna mengurangi jumlah limbah dan meminimalkan penggunaan sumber daya baru.

4.       Mengadopsi teknologi yang efisien energi dalam seluruh operasionalnya, termasuk peralatan perawatan dan fasilitas, untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi karbon.

5.       Melakukan peninjauan dan peningkatan proses perawatan untuk memastikan efisiensi yang lebih tinggi, mengurangi pemborosan sumber daya dan meminimalkan dampak lingkungan.

6.       BAT berkomitmen mendidik dan melatih stafnya tentang praktik-praktik ramah lingkungan dan pentingnya kelangsungan dalam industri penerbangan.

7.       Bekerja sama dengan pemasok, klien, dan pihak lain dalam industri guna mendorong praktik ramah lingkungan di seluruh rantai pasokan penerbangan. 8.       Terus menerus melakukan penelitian dan pengembangan untuk mengintegrasikan solusi teknologi baru yang ramah lingkungan dalam perawatan pesawat. Demikian disampaikan Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.*TN.