5 Miliar Dianggarkan untuk Pengadaan Peralatan Pendukung BPBD Merauke

Kepala BPBD Merauke, Romanus Sujatmiko. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merauke mendapatkan anggaran senilai Rp5 miliar untuk pengadaan peralatan pendukung pelaksanaan tugas dan fungsi BPBD.

Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah (APBD) senilai 5 miliar tersebut dianggarkan untuk tahun 2024 ini, yang paling utama adalah pengadaan mobil pemadam kebakaran (Damkar) dan beberapa peralatan pendukung lainnya.

“Tahun sebelumnya kita tidak bisa buat apa-apa karena tidak punya peralatan dan kita hanya persiapkan SDMnya, kita bersyukur tahun ini bapak bupati anggarkan kita untuk pengadaan peralatan,” tutur Kepala BPBD Kabupaten Merauke, Romanus Sujatmiko, Selasa (16/1/2024) di Merauke.

Dengan dilengkapi peralatan yang dibutuhkan itu, harapannya dapat memaksimalkan tupoksi BPBD diimbangi dengan SDM yang sudah dipersiapkan berkaitan dengan manajemen bencana daerah. Selain itu, tahun ini juga BPBD Merauke akan membuat kajian risiko bencana untuk mengetahui apa saja yang akan dikerjakan dalam rangka mengurangi risiko.

Romanus menyebut, potensi bencana di Merauke yang rutin tahunan adalah banjir rob, lalu potensi lain kebakaran hutan dan lahan serta yang paling ditakutkan adalah tsunami.