Wamentan Kunjungi Pasar Remu Sorong, Pastikan Pasokan Pangan dan Harga

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi mengunjungi pasar Sentral Remu, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (28/12/2023).

Kunjungan ini untuk meninjau ketersediaan stok pangan dan stabilitas harga. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada seluruh anggota kabinetnya.

“Hari ini kita hadir di Pasar Sentral di Sorong untuk meninjau harga. Pasokan cukup stabil, harga juga cukup stabil cuma memang ada kenaikan sedikit di cabai, karena mungkin momen Natal dan tahun baru (Nataru) jadi memang kecenderungan untuk naik, begitu juga daging sapi, ayam, dan ayam potong, “ujar Wamentan.

Lebih lanjut dikatakan Wamentan, untuk telur, bawang merah dan bawang putih cenderung stabil.

“Kemarin bulan lalu di Manokwari juga kisaran 45-50 ribu sama tergantung kualitasnya tapidari 45 ke 50 ribu cukup stabil, ” Jelasnya.

Ia juga sudah berkomunikasi dengan PJ Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad musad di Jakarta. Di mana kementerian pertanian mempunyai kebijakan soal jagung dan beras.

“Ini memang mau kita tingkatkan, mudah-mudahan rantai pasok pakan ayam ternak yang sedianya masih lebih banyak di luar dari Papua sendiri, ada dari Jawa terus Makassar dan sebagainya. Mudah-mudahan bisa diproduksi di sini,” Terang Wamentan.

Diharapkan kebijakan tersebut bukan hanya soal menurunkan harga, tapi bagaimana meningkatkan kesejahteraan petaninya dengan keuntungan yang signifikan.

“Karena percuma juga kalau kita tekan harganya tapi masyarakat enggak mampu membeli juga sama aja. Jadi pemerintah pusat maupun daerah konsen agar harga ini bisa stabil, dan masyarakat mampu membeli disparitas dari mulai petani, peternak, pekebunnya sampai ke pedagangnya ke masyarakatnya jangan terlalu jauh. Jadi semua bisa menikmati keuntungannya, masyarakat juga melimpah pasokannya, “pungkasnya.