PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim Kembali Raih Proper Predikat Emas Ke-3

RU VII Kasim dianugrahi Proper Emas berkat komitmen perusahan yang terus melakukan pengelolaan lingkungan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat adat Suku Moi.

TEROPONGNEWS.COM – PT Kilang Pertamina Internasional RU VII Kasim kembali raih apresiasi Proper Predikat Emas di penghujung tahun 2023.

Pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, RU VII Kasim dianugrahi Proper Emas berkat komitmen perusahan yang terus melakukan pengelolaan lingkungan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat adat Suku Moi.

Piala Proper Emas pada kesempatan kali ini diserahkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin kepada Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional, Taufik Adityawarman di Hotel Bidakara, Jakarta. Apresiasi ini merupakan Proper Emas Ke-3 yang didapatkan secara berturut turut sejak tahun 2021.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi KLHK terhadap langkah-langkah aktif dan positif yang telah dilakukan oleh RU VII Kasim dalam menciptakan inovasi, baik dari segi pengelolaan lingkungan maupun pemberdayaan masyarakat.

Pada tahun 2023, tercatat RU VII Kasim telah menelurkan 5 eco-inovasi yang berdampak pada penurunan emisi dan penghematan energi yang berdampak baik terhadap lingkungan.

“Sebagai satu-satunya kilang di Indonesia Timur, kami berupaya untuk terus memberikan kontribusi terbaik tidak hanya dalam memenuhi kebutuhan BBM namun juga memberikan contoh pengelolaan lingkungan yang baik serta pemberdayaan masyarakat adat yang komprehensif. Semoga, apresiasi (Proper Emas) ini juga dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat,” ujar Yusuf Mansyur selaku General Manager RU VII Kasim pada kesempatan malam penganugrahan Proper 2023.

Selain menciptakan inovasi pengelolaan lingkungan, pada penilaian Proper tahun ini RU VII Kasim juga mengangkat inovasi sosial bertajuk Moi Lestari Mandiri yang secara komprehensif mendorong kemandirian masyarakat adat Suku Moi Lemas di Distrik Seget melalui pemanfaatan potensi lokal.

Sejak tahun 2020, RU VII Kasim secara intensif mendampingi masyarakat adat Suku Moi Lemas untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan potensi lokal untuk menjadi solusi dari permasalahan masyarakat.

Pada tahun 2023 ini, nampak perubahan perilaku secara sistemik yang terjadi di masyarakat yang merupakan hasil perjalanan panjang program pemberdayaan masyarakat RU VII Kasim.

Perubahan baik ini merupakan hasil kolaborasi dan sinergisitas antara berbagai pihak, baik perusahaan, masyarakat, pemerintah, dan stakeholder terkait lainnya.

Capaian Proper Emas ini juga merupakan bukti bahwa RU VII Kasim mendukung target pencapaian Net Zero Emission pada 2060 serta senantiasa terus menerapkan ESG dalam proses bisnisnya.

Selain memperoleh Proper Emas, pada ajang penilaian Proper tahun ini, video Proper emas RU VII Kasim juga menyabet gelar sebagai Video Dengan Sinematografi Terbaik.

Video RU VII Kasim tahun ini memvisualisasikan bagaimana masyarakat adat Suku Moi Lemas yang hidup berdampingan dengan alam. Selain itu, video ini juga merangkum program inovasi sosial yang telah diimplementasikan oleh RU VII Kasim.