Polres Raja Ampat Prakarsai Deklarasi Pemilu Damai 2024 Aman, Tertib dan Berintegritas

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Bertempat di Aula Patriatama Tatag Trawang Tungga Polres Raja Ampat berlangsung penandatanganan Deklarasi Pemilu damai 2024 dalam rangka mewujudkan Pemilu yang Aman, tertib dan berintegritas di wilayah Kabupaten Raja Ampat.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Raja Ampat Oriedeko I. Burdam, SIP., MM., M.Ec.Dev mengatakan kehadiran semua stakeholder dalam momen kebersamaan pada Deklarasi damai dalam rangka yang sangat penting, dapat hadir dengan semangat Kesiapan menghadapi Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Raja Ampat.

“Hari ini kita berkumpul dalam suka cita menyatakan komitmen kita bersama dalam menjaga ketentraman dan kedamaian di Kabupaten Raja Ampat, khususnya dalam menghadapi Pemilu Tahun 2024 yang akan datang,” ucap Wakil Bupati Raja Ampat.

Wakil Bupati Raja Ampat Orideko I. Burdam, SIP., MM., M.Ec.Dev

Orideko I. Burdam Burdam menyadari bahwa proses demokrasi adalah cermin dari kedewasaan kita sebagai masyarakat yang beradab. Untuk itu kata dia, Pemilu merupakan momen dimana masyarakat memilih pemimpin negara dan wakil rakyat yang benar-benar bertanggung jawab.

“Pemilu adalah momen penting di mana kita sebagai memilih pemimpin dan wakil rakyat yang memiliki hak dan tanggung jawab akan sikap saling menghormati antar mitra politik. Kita perlu menjaga semangat sportivitas dan mengemban amanah untuk memajukan daerah ini,” sambungnya.

Dengan Deklarasi Damai ini, kita berkomitmen dan adil. Semua pihak, baik itu peserta Pemilu, tim sukses, untuk menjalankan proses Pemilu dengan damai dan jujur.

Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran, S.IK., M.IK

Sementara itu, Kapolres Raja Ampat, AKBP Edwin Parsaoran, S.IK., M.IK mengungkapkan bahwa Polri berupaya untuk menjaga Kamtibmas di Kabupaten Raja Ampat.

“Untuk Itu, Polri sebagai Aparat Penegak Hukum, Pelindung, Pengayom Dan pelayan masyarakat akan selalu berupaya sebaik mungkin untuk menjaga stabilitas kamtibmas khususnya di kabupaten Raja Ampat yang kita cintai dan banggakan ini,” kata AKBP Edwin Parsaoran.

Dijelaskannya peran Polri dalam menjaga stabilitas kamtibmas ini tidak akan maksimal jika tidak didukung peran serta dari instansi terkait lainnya, begitu pun situasi Kamtibmas yang aman pada masa pemilu 2024 ini, dapat terwujud jika terdapat kerja sama yang baik antara penyelenggaran pemilu, peserta pemilu serta aparat keamanan.

Untuk Itu, Kapolres Raja Ampat mengharapkan pada pelaksanaan pemilu 2024, baik dari pihak penyelenggara, peserta pemilu dan aparat keamanan agar sama-sama berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan, saling menghargai dan tidak melakukan politisasi sara, black campaign serta hal-hal lainnya yang dapat menimbulkan perpecahan sehingga pemilu 2024 dapat terlaksana dengan baik bebas dari berita hoaks, berjalan langsung, umum, jujur adil, dan berintegritas.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolres mengatakan suksesnya Pemilu Tahun 2024 adalah tanggung jawab bersama, termasuk partai Politik, Penyelenggara Pemilu, dan aparat Keamanan.

Ditempat yang sama Dandim 1805/R4 Letkol Czi Tri W. A. Astono pihaknya mengharapkan pemilu 2024 bersalam damai, aman dan nyaman.

“Pihak TNI mengharapkan pemilu 2024 ini Damai, aman dan nyaman dan itu semua perlu adanya kerja sama dari rekan-rekan parpol, FKUB dan seluruh pihak terkait yang hadir pada pelaksanaan di hari ini,” ucap Dandim.

Menurut dia, dalam pelaksanaan pemilu 2024 silahkan masing-masing parpol dapat menyampaikan gagasan, Visi misinya dan mengajak masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh sejumlah oknum yang sengaja ingin menggangu jalanyanya pelaksanaan Pemilu 2024, pihak TNI/Polri akan bersama-sama mengawal berlangsungya pelaksanaan Pemilu di wilayah Kabupaten Raja Ampat.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan Deklarasi damai Pemilu 2024. Kegiatan Pemilu Damai dihadiri sekitar 50 orang antara lain, Wakil Bupati Raja Ampat, Kapolres Raja Ampat dan jajarannya, Dandim 1805/Raja Ampat, Danki Brimob, KPUD Raja Ampat, Bawaslu Raja Ampat, Kepala Kesbangpol Raja Ampat, Sekretaris DPRD Raja Ampat, Sekretaris MUI Kab.Raja Ampat, FKUB Kab.Raja Ampat, Perwakilan masing-masing Partai Politik di wilayah Kabupaten Raja Ampat.