Parpol Koalisi Yakin Mahfud Kuasai Debat Cawapres dengan Tema Ekonomi

Menkopolhukam Mahfud MD (Dok TN)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua DPP PPP Achmad Baidowi meyakini calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md dapat menguasai tema debat kedua Pilpres 2024 yang mengangkat tema ekonomi, keuangan, perdagangan, investasi, infrasktruktur, dan perkotaan.

“Kami optimis Pak Mahfud menguasai debat cawapres besok. Debat bagi Pak Mahfud bisa dibilang makanan sehari-hari bagi beliau,” kata Baidowi di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Menurut dia, Mahfud merupakan sosok yang paham hukum-ekonomi. Dia menilai pemahaman terhadap hukum-ekonomi itu sangat dibutuhkan bagi seorang pemimpin dalam mengambil kebijakan-kebijakan strategis negara.

“Kepastian dalam ekonomi itu diperoleh dari kepastian dalam penegakan hukum,” ujarnya.

Awiek mengatakan bahwa Mahfud akan menegaskan posisinya akan memperkuat hukum-ekonomi sehingga perekonomian akan maju, konsisten, stabilitas ekonomi.

“Stabilitas ekonomi tercapai apabila penegakan hukum berjalan maksimal,” katanya.

Ketua Divisi Kampanye Nasional Bappilu DPP Partai Hanura Jimmy Charles Kawengian menilai Mahfud Md merupakan sosok yang sangat piawai dan ahli di bidang hukum, sehingga mampu membongkar kasus-kasus kerugian ekonomi negara seperti Jiwasraya, BLBI, kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di Kementerian Keuangan senilai Rp349 triliun.

“Otomatis dia paham dan mengerti dong tentang ekonomi karena semua itu berhubungan dengan masalah ekonomi bangsa,” ujarnya.

Jimmy mengatakan Mahfud ketika menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tahun 2009, lembaga itu memutuskan alokasi dana penerimaan cukai hasil tembakau sebesar 2 persen dalam UU Cukai bukan hanya untuk provinsi pemilik pabrik rokok namun juga untuk provinsi penghasil tembakau.

“Nah dari situ kita bisa membuktikan bahwa Mahfud menguasai betul ekonomi karena semua bidang yang berhubungan dengan hukum seperti ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain tentu harus dikuasai oleh si pakar hukum tersebut. Apalagi sekelas Mahfud yang rekam jejaknya tidak perlu di sangsikan lagi,” katanya.

Jimmy meyakini Mahfud akan tampil briliant dalam debat kedua terkait ekonomi. Dia juga meyakini Mahfud akan mengeluarkan gebrakan baru dalam debat yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (22/12). (Khairil Huda)