November 2023, Kota Sorong Alami Inflasi YoY 2,87 Persen

infografis Perkembangan Indeks Harga Konsumen/Inflasi Kota Sorong November 2023

TEROPONGNEWS.COM,SORONG -Bulan November 2023, Kota Sorong mengalami inflasi Year on Year (YoY) sebesar 2,87 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 114,12.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sorogng, Rumilah Natratilova, S.Si, M.Ec.Dev mengatakan bahwa Inflasi yoy tertinggi terjadi di Tanjung Pandan sebesar 5,89 persen dengan IHK sebesar 120,62 dan terendah terjadi di Jayapura sebesar 1,82 persen dengan IHK sebesar 112,99.

“Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks beberapa kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok makanan minuman dan tembakau sebesar 4,70 persen; kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 3,61 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,11 persen,”ujar Rumilah lewat releasenya yang diterima teropongnews.com, Minggu (3/12/2023).

Juga kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 2,62 persen; kelompok kesehatan sebesar 2,30 persen; kelompok transportasi sebesar 5,30 persen; kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 4,40 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 3,05 persen; serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,78 persen.

Sedangkan kelompok yang mengalami deflasi, yaitu: kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,10 persen dan kelompok pendidikan sebesar 2,99 persen.

Adapun komoditas yang dominan memberikan andil/sumbangan inflasi yoy pada November 2023,
antara lain: angkutan udara, beras, ikan teri, rokok kretek filter, ikan ekor kuning, ikan oci,
rokok putih, bawang putih, emas perhiasan, minyak goreng, kangkung, ayam goreng, sepeda
motor dan lain sebagainya.

Sementara komoditas yang memberikan andil/sumbangan terhadap inflasi mtm November
2023, antara lain: ikan teri, angkutan udara, tomat, rokok putih, beras, rokok kretek filter, gula
pasir, buncis, emas perhiasan, kelapa, sawi hijau, lemon, sandal anak, kacang panjang, sagu,
baju kaos tanpa kerah/t-shirt anak, sirih, tahu mentah, celana panjang jeans pria, bawang
merah, celana panjang katun pria dan lain sebagainya.