Mahfud Napak Tilasi Ponpes yang Pernah Disinggahi Gus Dur

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD, dalam dua hari ini ‘menggempur’ wilayah Jawa Barat. Setelah ke Garut, Tasik, dan Ciamis, Mahfud melanjutkan kunjungannya ke Bandung.

Titik pertama yang dikunjungi adalah Pondok Pesantren Sirnamiskin. Mahfud langsung disambut pengasuh Ponpes KH. Achmad Syaiful Rizal dan Rais Syuriah PCNU Kota Bandung KH Ateng Muhaimin. Mahfud dikalungi kain bernuansa putih dengan corak batik berwarna merah oleh Achmad Syaiful.

Mengenakan batik warna merah, kedatangan Mahfud disambut dengan lantunan selawat dari para santri.

Rupanya Mahfud punya alasan khusus mengunjungi ponpes Sirnamiskin ini. Kata dia, ponpes ini menjadi salah satu saksi sejarah perjalanan para kiai Nahdlatul Ulama (NU). KH Hasyim dan KH. Ahmad Dimyati menjadi pendorong pendirian pesantren ini. Selain itu, KH. Wahid Hasyim juga kerap ke sini. Pun Gus Dur, waktu kecilnya juga pernah di sini. “KH. Syaiful Rizal juga teman saya,” ujar Mahfud di Ponpes Sirnamiskin, Bandung, Sabtu (16/12/2023).

Pesantren ini, kata Mahfud, kerap menjadi tuan rumah jika NU punya tamu-tamu penting. Tak hanya itu, pesantren ini juga dekat dengan Gus Dur. “Jadi kami ini semacam napak tilas pesantren yang dekat dengan Gus Dur. Apalagi hari ini (Sabtu) haul Gus Dur, sedang haul Gus Dur,” kata Menko Polhukam ini.

Mahfud memiliki harapan besar kepada setiap santri-santri di tiap ponpes. Menurut dia, santri memiliki syariah yang penuh dengan kedamaian untuk membangun negara. “Saya berharap dari pesantren akan lahir kader bangsa yang demokratis dan berwawasan syariah yang penuh kedamaian, kerukunan dan persaudaraan,” kata dia. (Khairil Huda)