LPI Kota Sorong 2023 Resmi Dimulai, Diikuti 7 Tim Atlit Pelajar

Pembukaan LPI Kota Sorong Tahun 2023, Foto Doni/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sebanyak 7 Tim Atlit Pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) siap bertanding dalam Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tingkat Kota Sorong Tahun 2023.

Para atlit pelajar ini akan melakoni pertandingan sepak bola selama 6 hari ke depan, yang dimulai pada tanggal 4 – 10 Desember 2023 bertempat di Stadion Bawela Kota Sorong.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sorong, Fanik Tahupeori melalui Kepala Bidang Olahraga sekaligus Ketua Panitia LPI Kota Sorong Tahun 2023, Margareth L.Urbinas, SE mengatakan Liga Pendidikan Indonesia Kota Sorong tahun 2023 berbeda dengan LPI sebelumnya, dimana kata dia, LPI sebelumnya sang juara akan melanjutkan ke tingkat Provinsi. Untuk tahun 2023 karena Provinsi PBD masih baru sehingga masih penyesuaian.

“Biasanya Juara LPI tingkat Kota Sorong ini selanjutnya akan mengikuti pertandingan ke tingkat provinsi, Namun untuk tahun ini rupanya tidak ada, karena masih penyesuaian ke provinsi
baru PBD, jadi belum ada dilaksanakan LPI Tingkat Provinsi, Mungkin tahun
depan, jadi Kompetisi ini mungkin hanya di tingkat kota saja,” ungkap Kabid Olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Sorong, Sekaligus Ketua Panitia LPI Kota Sorong Tahun 2023, Margareth L.Urbinas,SE. saat pembukaan LPI tingkat Kota Sorong Tahun 2023, di stadion bawela senin (04/12/23).

Margareth Urbinas menjelaskan, Liga Pendidikan Indonesia ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten, Kota, Provinsi, dan Nasional. LPI bertujuan untuk meningkatkan budaya olahraga dan diharapkan melahirkan bibit-bibit berbakat.

“LPI bertujuan untuk meningkatkan dan memupuk budaya olahraga, melahirkan bibit-bibit berbakat dan potensial, serta menunjang prestasi siswa di bidang olahraga sepakbola,” ungkapnya.

Kompetisi LPI Tingkat Kota Sorong, dibuka oleh Pj Walikota Sorong, Septinus Lobat, S.H., MPA, dan dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Sorong, Kepala Distrik Sorong Kota, serta para Kepala sekolah Se-Kota Sorong.

Dalam sambutan, Pj Walikota Sorong, mengatakan, kompetisi sepakbola ini hendaknya menjadi ajang bagi siswa SMP dan SMA untuk menyalurkan bakat dan meraih prestasi, serta mencetak bibit unggul di bidang olah raga sepak bola.

Lebih jauh Pj. Walikota menekankan, kegiatan ini hendaknya juga menjadi media bagi siswa untuk selalu berbuat hal positif dan menghindari pengaruh-pengaruh negatif yang berkembang di lingkungan pelajar saat ini.

LPI tingkat Kota Sorong ini berlangsung dengan sistem setengah kompetisi, Babak penyisihan hingga Babak final, akan dilaksanakan di Stadion Bawela Kota Sorong.