Kepengurusan KNPI Papua Selatan Segera Dibentuk

Konferensi pers persiapan persiapan pembentukaan pengurus KNPI Papua Selatan. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) segera membentuk kepengurusan tingkat Provinsi Papua Selatan.

Rencananya, tanggal 12 Desember 2023, KNPI akan menggelar Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimpurda) dalam rangka persiapan Musyawarah Daerah (Musda) I KNPI Provinsi Papua Selatan yang akan membentuk pengurus provinsi definitif.

Sekretaris Carateker Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Provinsi Papua Selatan Yopie F. Romhadi mengatakan pihaknya mendapatkan mandat dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) KNPI dan bertugas melakukan seluruh tahapan konsolidasi bagi pemuda Provinsi Papua Selatan yang meliputi Kabupaten Merauke, Boven Digoel Asmat dan Mappi melalui pembentuk pengurus DPD KNPI Provinsi Papua Selatan.

“Tahapan konsolidasi di empat kabupaten di wilayah Provinsi Papua Selatan telah kami lakukan dengan pengurus masih definitif di Kabupaten Merauke, Boven Digoel dan juga pembentukan carateker di Kabupaten Asmat dan Mappi,” ucap Yopie dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Grand Mandala Merauke, Senin (11/12/2023).

Semangat konsolidasi yang digelorakan, kata Yopie, disadari akan berdampak pada eksistensi dan intelektualitas pemuda dalam mengembangkan diri di dalam wadah KNPI, dan semangat para pemuda Indonesia di provinsi paling timur Indonesia ini diharapkan tetap eksis dalam berbagai dimensi kehidupan.

“Kami bersepakat bersama organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP) untuk melaksanakan Rapat Pimpinan Paripurna Daerah menuju Musda pertama DPD KNPI Provinsi Papua Selatan. Untuk itu, kami berharap seluruh pengurus DPD II dan OKP yang bernaung di bawah wadah berhimpun DPD KNPI Papua Selatan segera mendaftarkan diri,” kata Yopie Romhadi.

Yopie mengapresiasi langkah kepemimpinan Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan Apolo Safanpo yang telah mendukung Carateker DPD KNPI Papua Selatan untuk melakukan konsolidasi sejak 2022 lalu untuk mempersiapkan pembentukan pengurus provinsi.

“Kami mengapresiasi itu. Dan juga kepada Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Selatan Soleman Jambormias selaku ketua panitia pelaksana Rapimpurda dan Musda, kami ucapkan terima kasih yang telah memberikan support agar kegiatan ini berjalan dengan baik,” sambungnya..

Sementara, Sekretaris Stearing Commite (Panitia Pengarah) Vitalis Dambi menyebutkan bahwa tahapan dalam organisasi sebelum pelaksanaan Musda harus diketahui melalui Rapimpurda. Persiapan Stearing Commite pada prinsipnya telah dilakukan melalui pembukaan pendaftaran peserta.

“Dalam Rapimpurda ini kita membicarakan keikutsertaan siapa-siapa yang punya hak sebagai peserta Musda, antara lain OKP-OKP nasional dan DPD KNPI tingkat kabupaten. Kita juga membahas waktu pelaksanaan, kriteria bakal calon ketua yang maju di dalam Musda KNPI Provinsi Papua Selatan.

“Nah, itu yang menjadi agenda di Rapimpurda. Stearing commite bekerja sama dengan carateker telah mempersiapkan materi-materi. Pada prinsipnya kami sudah siap secara teknis untuk pelaksanaan Musda sesuai rapat bersama yang ditetapkan tanggal 15 Desember 2023 di Hotel Halogen Merauke,” jelas Vitalis Dambi.

Peserta yang sudah mendaftar, lanjut Vitalis, sekitar 20 peserta yang diri dari OKP-OKP Nasional yang terdaftar di Kesbangpol dan berada di wilayah Provinsi Papua Selatan.

“Kami masih menunggu pendaftaran dari mereka, termasuk OKP Cipayung dan OKP seperti Pemuda Pancasila dan sebagainya. Setelah mereka mendaftar baru kami menetapkan peserta yang punya hak di Musda pertama ini,” sebutnya.

Sekretaris Panitia Pelaksana Musda DPD KNPI Provinsi Papua Selatan Rikardus Faroka mengatakan pelaksanaan Musda I akan dihadiri oleh Ketua Umum DPP KNPI David Napitupulu yang akan didamping oleh Ketua Carateker DPD KNPI Provinsi Papua Selatan Jefferson Jemi Liunsanda.

“Prinsipnya kita sudah siap. Narasumbernya adalah Pj. Gubernur Apolo Safanpo, Ketua Umum DPP KNPI David Napitupulu dan Kepala BPPKAD Provinsi Papua Selatan H. Mansyur (Senior HMI dan mantan Senior KNPI). Kita juga mengundang para bupati di 4 kabupaten untuk bagaimana konsen terhadap pemuda di Papua Selatan.

“Kemudian juga kita akan mengundang Tokoh Besar Masyarakat Papua Selatan Johanes Gluba Gebze (JGG) sebagai orang tua kita bagaimana beliau melihat masa depan pemuda sebagai harapan pembangunan di Papua Selatan ke depan. Hal-hal teknis lainnya seperti izin keramaian sudah kita ajukan ke Polres Merauke,” kata Rikardus.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Merauke Simon Petrus Balagaize menyampaikan KNPI Kabupaten Merauke selaku tuan rumah penyelenggara telah siap melaksanakan Rapimpurda dan perhelatan Musda I DPD KNPI Provinsi Papua Selatan.

“Kami telah melakukan verifikasi OKP Kabupaten Merauke untuk menjadi peserta Musda. Ada 30 OKP yang aktif dari tahun 2019 sejak saya terpilih sebagai ketua. Saat ini bersama dengan panitia kita telah melakukan pendaftaran, sehingga pada hari H mereka semua bisa hadir.”

“Kita terus mendorong agar pelaksanaan Musda berjalan lancar sehingga dengan terbentuknya DPD KNPI di Provinsi Papua Selatan, pemuda di 4 kabupaten maupun di provinsi baru ini dapat bergandengan tangan untuk ikut membangun daerah,” pungkas Simon Balagaize.