Berita

Kapolda Papua Pantau Pemulangan Massa, Presiden GIDI Sampaikan Permohonan Maaf

×

Kapolda Papua Pantau Pemulangan Massa, Presiden GIDI Sampaikan Permohonan Maaf

Sebarkan artikel ini
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakiri dan Pdt. Dorman Wandikbo Pantau Pemulangan Massa bersama Kapolda, Presiden GIDI Sampaikan Permohonan Maaf , Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K bersama Presiden Gereja Injili di Indonesia (GIDI), Pdt. Dorman Wandikbo, S.Th, memantau secara langsung prosesi pemulangan massa simpatisan jenazah almarhum Lukas Enembe. Proses ini dimulai dari Kediaman Koya Tengah, melewati Pospol Holtekam Polresta Jayapura, pada Jumat sore (29/12/2023).


Saat dimintai keterangan, Pdt. Dorman Wandikbo menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang terjadi sebelumnya dan mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan baik Polri maupun TNI yang telah mengawal jalan prosesi pemakaman mulai dari Tiba di Bandara hingga pemakaman.


“Dari Jakarta sampai dengan di Koya, dalam kesempatan ini saya sebagai pimpinan menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya karena kita punya orang tua bapak Gubernur dengan beberapa orang yang menjadi korban dalam pengantaran Lukas dari bandara ke Sekolah Teologia Atas Injili (STAKIN). Itu diluar dugaan kami, pimpinan gereja, maupun pihak keamanan. Kami semua sudah berbicara baik, bagaimana kami bisa melakukannya dengan damai dan aman,” ucapnya.


“Kejadian yang terjadi, dan menyebabkan masyarakat menjadi korban baik secara materi maupun rumah yang terbakar di Waena, di luar dugaan kami. Kami telah berupaya untuk menciptakan suasana damai dan aman, karena almarhum Lukas adalah sosok yang mengedepankan perdamaian, sebagai tokoh Pembangunan,” ungkap Pdt. Dorman Wandikbo.


Pdt. Dorman Wandikbo menyampaikan rasa prihatinnya atas dampak yang ditimbulkan kepada masyarakat yang menjadi korban. Dia berharap agar mereka yang terluka atau dirugikan dalam peristiwa tersebut dapat mendapatkan perawatan yang baik.


“Saya sebagai pimpinan gereja yang juga sebagai tokoh Gereja yang ada di tanah Papua memohon maaf atas tindakan-tindakan yang terjadi. Hal itu di luar kendali kami, kami berusaha memberikan yang terbaik sebagai Tanah Papua, tanah damai,” tuturnya.


Pdt. Dorman Wandikbo menyampaikan doa agar Bapak PJ. Gubernur, Sekda, mahasiswa, dan masyarakat yang menjadi korban dapat mendapatkan pengobatan yang baik. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk Kapolda, Pangdam, dan seluruh anggota yang terlibat dalam memfasilitasi kendaraan agar keluarga duka dapat kembali pulang dengan aman.

“Kita jaga Tanah Papua sebagai tanah damai. Terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendorong kami untuk menjalankan kegiatan ini,” katanya.

Ia mengajak semua untuk bersama-sama menjaga Papua dan tidak lupa mengucapkan selamat Natal dan selamat tahun baru 2024.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD