Jelang Pemilu 2024, Pemprov Papua Barat Daya Maksimalkan Peran FKUB

kegiatan fasilitasi FKUB dalam rangka persiapan pemilu 2024, yang digelar oleh Badan Kesbangpol Papua Barat Daya.

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memiliki peran penting dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang damai.

Hal tersebut diungkapkan Pj. Gubernur Papua Barat Daya, diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Yakob Kareth saat membuka kegiatan fasilitasi FKUB dalam rangka persiapan pemilu 2024, yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Papua Barat Daya, Senin (11/12/2023), di Aimas Hotel Convention & Convention Centre.

“FKUB memiliki peran yang sangat strategis dalam mengelola keberagaman dan kerukunan di Indonesia,di tanah Papua, khusunya Papua Barat Daya,”ujarnya.

Menurutnya, FKUB harus menjadi garda terdepan dalam mengedukasi masyarakat. Terutama, mengenai pentingnya memperkuat komitmen kebangsaan dan menjunjung tinggi sikap toleransi kepada sesama.

Oleh karena itu, pemerintah terus mensosialisasikan nilai-nilai moderasi beragama yang dapat mendorong kerukunan dan toleransi di antara berbagai elemen masyarakat. Terutama menjelang Pemilu, ketegangan dan gesekan pastinya akan muncul.

“Tidak lama lagi kita akan melaksanakan Pemilu 2024 setelah itu pemilihan kepala daerah untuk pertama kalinya di Papua Barat Daya, provinsi yang baru berusia 1 tahun ini. Mari kita berpartisipasi secara fair dalam menentukan pilian kita, dan Pemilu di Papua Barat Daya kiranya menjadi cermin bagi daerah-daerah lainnya yang menyelenggarakan pemilu,”pungkasnya.