Jelang Debat, PLN Siapkan Listrik 5 Lapis untuk KPU

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyiapkan pasokan listrik 5 lapis untuk mengamankan debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024 yang digelar di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, pada Selasa, 12 Desember 2023

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya mengatakan, “PLN siap dengan pasokan listrik sampai 5 lapis untuk megamankan debat Capres Cawapres perdana di KPU tentunya dengan berbagai skenario yang tertuang dalam SOP.”

Pasokan listrik 5 lapis tersebut berasal dari sumber listrik PLN, UPS, dan genset yang telah diuji coba sebelumnya dalam berbagai simulasi.

“Pasokan listrik dari sumber PLN saja ada 3 yaitu 1 pasokan utama dan 2 pasokan cadangan,” tambah Lasiran.

Selanjutnya Lasiran mengatakan pasokan listrik ke-4 berasal dari Uninteruptible Power Supply (UPS) dan back up ke-5 yaitu dari genset.

PLN UID Jakarta Raya telah berkoordinasi dengan KPU dan melakukan uji simulasi terhadap skenario kelistrikan yang telah dibuat.

Persiapan kelistrikan KPU dalam rangka Pemilu 2024 telah disiapkan selama 6 bulan sebelum pelaksanaan dengan 5 langkah perkuatan yaitu inspeksi gardu distribusi listrik, pemeliharaan gardu distribusi listrik, survey keandalan, mobilisasi dan pemasangan peralatan pendukung, serta simulasi skenario keandalan listrik.