Indikator Kinerja Utama Inspektorat 2023 Kota Bandung Tercapai

Inspektorat Daerah Kota Bandung, saat menggelar kegiatan Pengawasan Pemerintah Kota Bandung, Selasa (12/12/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Empat Indikator Kinerja Utama Inspektorat Kota Bandung tahun 2023 mencapai target.

Hal tersebut disampaikan Inspektur Daerah Kota Bandung, Dharmawan dalam Gelar Pengawasan Pemerintah Kota Bandung, Selasa (12/12/2023).

Adapun beberapa capaian indikator kinerja utama Inspektorat Kota Bandung, antara lain:

  1. Persentase Perangkat Daerah dengan Nilai SAKIP Minimal 81.00 = 88,33 persen (tercapai).
  2. Tingkat Maturitas Penyelenggaraan SPIP = Level 3,00 (tercapai).
  3. Persentase Perangkat Daerah yang menerapkan Strategi pencegahan Korupsi 100 persen (Implementatif).
  4. Level Kapabilitas APIP = Level 3 (tercapai).

Dharmawan menyebut, Inspektorat Kota Bandung senantiasa menjalankan peran sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP).

Yaitu memiliki kewenangan dan bertujuan untuk menjamin, agar penyelenggaraan pemerntahan berajalan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan.

“Seberat apapun tugas, kami punya daya dukung yang luar biasa. Kami berharap dapat menjadi mitra strategis bagi Pemkot Bandung,” ujar Dharmawan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyebutkan, Inspektorat Kota Bandung merupakan mitra strategis dalam mengawasi Pemkot Bandung mewujudkan visi dan misi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ia berpesan, agar Inspektorat terus memberikan pengawasan yang objektif pada kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemkot Bandung.

“Dari awal hingga akhir, Inspektorat perlu memahami. Seperti memiliki kalender agenda, dan memahami betul apa yang bisa menjadi potensi masalah di OPD Kota Bandung,” kata Ema.

Ia juga berharap, Inspektorat mengutamakan tindakan pencegahan terhadap potensi masalah di tiap OPD yang ada di Pemkot Bandung, serta beradaptasi dengan zaman.

“Sekarang zaman sudah berubah, mari kita objektif. Berikan kami informasi secara objektif kepada kami, mana yang menjadi potensi masalah,” pesannya.