Guru PAUD dan SD Papua Selatan Ikuti Bimtek Penguatan Kurikulum Merdeka Belajar

Pembukaan Bimtek di Halogen Merauke. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Hasil yang diharapkan dari Bimbingan Teknis Penguatan Kurikulum Merdeka dan Transisi PAUD ke SD bagi Guru PAUD dan SD di Provinsi Papua Selatan, agar para fasilitator dapat memberikan penguatan dan mengkawal learning continue dari PAUD ke SD.

Bimtek ini juga untuk memastikan bahwa anak-anak usia dini yang tidak berkesempatan mengikuti PAUD memiliki hak yang sama untuk dibina dan mendapatkan kemampuan dasar keterampilan dan kematangan yang holistik. Diikuti guru-guru PAUD dan SD dari kabupaten se Provinsi Papua Selatan, selama tiga hari mulai 28-30 Desember 2023, menghadirkan narasumber Dirjen PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan sumber dana dari dana hibah Pokja PAUD melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Selatan.

“Merdeka belajar dijunjung bersama dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Saya mengajak seluruh peserta Bimtek untuk menyepakati beberapa hal yang mendorong paradigma umum tentang pendidikan anak usia dini guna memastikan terjaminnya hak-hak anak,” ujar Bunda PAUD Papua Selatan, Ny. Ade Irma Suryani Safanpo dalam sambutannya di Merauke.

Seluruh pihak diajak bahwa periode usia dini tidak berhenti sampai di PAUD saja tetapi sampai di SD kelas awal masih masuk kategori terjadinya proses pembelajaran di PAUD dan SD kelas awal harus serupa dan berkesinambungan. Selain itu, suasana belajar di kelas awal harus sama menyenangkan dengan saat di PAUD, hal ini akan membantu peserta didik dapat beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru dan menumbuhkan rasa cinta terhadap proses belajar mengajar.

“Mudah-mudahan dengan kurikulum merdeka belajar bisa mencerdaskan anak bangsa dan tentunya mewujudkan Indonesia emas. Saya mengajak kita semua mari bersama kita sukseskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Semoga gerakan ini dapat terus berlanjut dan menciptakan suasana belajar yang positif dan membekas sebagai kenangan indah bagi anak-anak calon pemimpin masa depan,” pungkas Ade Irma.

Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo menyampaikan pengembangan SDM di Papua menjadi perhatian bersama mulai dari PAUD hingga ke semua jenjang pendidikan. Salah satunya, Bimtek dilakukan untuk penguatan kapasitas pendidik sehingga mampu menerapkan pola dan cara mengajar kepada anak didik secara tepat sesuai jenjangnya.

“Bapak dan ibu punya peran besar dalam pendidikan anak PAUD dan SD, mudah-mudahan Bimtek ini bermanfaat dalam pelaksanaan tugas di tempat kerja masing-masing.” Tutupnya.