Gandeng Rekosistem dan Blu by BCA Digital, Garuda Indonesia Luncurkan Waste Station di Dua Titik

Direktur Kepatuhan BCA Digital, Budiman Nugroho (kiri), Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dan CEO & Co-founder Rekosistem Ernest C Layman saat Peresmian Waste Station Kolaborasi blu by BCA Digital, Rekosistem, dan Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (21/12/2023). (Dok Blu/TN)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Blu by BCA Digital, Rekosistem, dan Garuda Indonesia mengembangkan solusi inovatif melalui dua Reko Waste Station®️ di Garuda Sentra Operasi (GSO), area Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang dan Garuda Indonesia Training Center (GITC), Duri Kosambi, Jakarta Barat. Nantinya, masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan berkelanjutan melalui pengelolaan limbah sampah, khususnya sampah daur ulang dengan menyerahkan sampah daur ulang di kedua titik tersebut.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan bahwa kolaborasi bersama dengan blu by BCA Digital dan Rekosistem dalam menghadirkan Reko Waste Station®️ ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dalam mendukung keberlangsungan lingkungan setelah sebelumnya Garuda Indonesia secara aktif telah melaksanakan berbagai inisiatif dalam mendukung sustainability, yang baru-baru ini juga dilaksanakan melalui penerbangan komersial berbahan bakar bioavtur pertama di Indonesia dan sekaligus menjadi penerbangan komersial pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar energi terbarukan berbasis palm kernel oil (minyak inti sawit).

“Kehadiran Reko Waste Station®️ tidak hanya dapat turut mendukung sosialisasi dan penyediaan fasilitas pengelolaan sampah, terutama sampah daur ulang, baik bagi stakeholders di lingkungan kawasan perkantoran Garuda Indonesia, maupun masyarakat dan pelaku usaha di sekitar, namun kedepannya juga diharapkan akan dapat menginspirasi seluruh masyarakat untuk bersama menjaga lingkungan secara berkelanjutan,” ujar Irfan, Kamis (21/12/2023).

Reko Waste Station diharapkan dapat merevolusi pemandangan pengelolaan sampah di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi ramah konsumen dan kemitraan strategis untuk mengurangi jumlah sampah yang belum terkelola dengan baik. Langkah ini sejalan dengan inisiatif #bluBuatBaik dan kampanye #FromNatureToFuture, yang tidak hanya mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga lingkungan, tetapi juga menekankan pentingnya tindakan nyata dalam praktik berkelanjutan.

Duardi Prihandiko, SVP, Head of Marketing Communications BCA Digital menyatakan kolaborasi tersebut adalah bentuk nyata komitmen terhadap lingkungan. Melalui kampanye inisiatif #bluBuatBaik, Blu berusaha untuk menjadi bagian dari solusi melalui pemanfaatan teknologi yang dimiliki untuk dapat turut mendorong kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengelola sampah, dan inovasi yang mendukung kemajuan sistem dan teknis pengelolaan sampah yang lebih baik. 

“Ini adalah langkah kecil kami untuk menjaga keberlanjutan planet bumi dan melestarikan lingkungan  menjadi lebih baik,” kata Duardi.