Gandeng Pengusaha, Ganjar Siap Kembangkan KUR Murah dan Kredit Lapak untuk UMKM Nasional

Capres Ganjar Pranowo saat bertemu pengusaha lokal di gedung Smesco Jakarta, Jumat (8/12)(Foto: ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Dukungan pada Capres 2024 nomor urut 3 Ganjar Pranowo terus bertambah. Kali ini, barisan pengusaha nasional dan lokal bersatu dalam relawan Progresif dan bertekad memenangkan Ganjar Mahfud sebagai Presiden 2024.

Deklarasi digelar di gedung Smesco Jakarta, Jumat (8/12). Dalam acara itu hadir pula ketua Tim TPN Ganjar-Mahfud yang juga ketua KADIN, Arsjad Rasjid, Ditektur Progresif Eka Sastra dan para pengusaha lainnya.

“Kami siap membantu pak Ganjar dan Pak Mahfud meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program UMKM. Kami optimis, UMKM Indonesia akan semakin naik kelas di bawah kepemimpinan pak Ganjar dan pak Mahfud,” ucap Eka Sastra dikutip Teropongnews, Jumat (8/12/2023).

Ganjar menyambut baik dukungan para pengusaha itu. Apalagi, mereka siap berjuang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lewat program-program pengembangan UMKM.

“UMKM memang menjadi salah satu konsen saya dan pak Mahfud. Karena saya punya pengalaman di Jawa Tengah, bagaimana potensi UMKM kita sangat besar dengan beragam kreasinya yang luar biasa,” jelas Ganjar.

Selama 10 tahun memimpin Jawa Tengah, banyak program yang telah dikeluarkan Ganjar untuk membantu UMKM. Selain pendampingan dan pelatihan, kemudahan akses modal juga diberikan.

Yang paling fenomenal adalah KUR dengan bunga murah. Saat KUR Nasional masih berbunga 12 persen, Ganjar mampu membuat KUR di Jateng berbunga 7 persen dan sekarang 6 persen pertahun.

“Dan program itu sangat membantu para pelaku UMKM di Jateng untuk mengakses modal. Dengan KUR itu, banyak UMKM di Jateng yang sukses dan naik kelas,” ucapnya.

Selain KUR murah, Ganjar juga membuat program lain bernama Kredit Lapak. Kredit khusus para pedagang kecil seperti pedagang pasar dan warungan itu membuat banyak pelaku usaha kecil yang berdaya.

“Dua program itu sangat membantu dan akan terus kami lanjutkan. Apalagi sekarang didukung kekuatan pengusaha sebesar ini, maka ini bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Akan banyak UMKM yang bisa kita bantu agar mereka bisa naik kelas,” pungkasnya.