APBD Raja Ampat Tahun 2024 Sebesar Rp. 1, 364 T Ditetapkan, Bupati AFU Ajak Masyarakat Ikut Kawal

Unsur Pimpinan DPRK Raja Ampat saat bersama Bupati Raja Ampat, Foto Hizkia/TN

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Raja Ampat tahun 2024 resmi ditetapkan menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dalam rapat paripurna DPRK, Kamis (30/11/2023). APBD 2024 Kabupaten Raja Ampat ditetapkan sebesar Rp. 1,364 M.

Sebelum APBD Raja Ampat Tahun 2024 ditetapkan, Fraksi gabungan DPRK setempat menyampaikan pandangan akhir pada Penutupan Sidang Paripurna Keempat Masa Sidang Kedua Tahun 2023 Dalam Rangka Penetapan Persetujuan Bersama Antara DPRK dan Kepala Daerah Terhadap Perda APBD Kabupaten Raja Ampat Tahun Anggaran 2024, dan Penetapan Perda Usulan Eksekutif Tahun 2023 di pimpin Wakil Ketua I Reynold M Bulla didampingi Ketua DPRK Raja Ampat Abdul Wahab Warwei dan Wakil Ketua II, Charles AM Imbir.

Dalam pandangan akhir fraksi, Juru Bicara Fraksi Gabungan DPRK Raja Ampat, Drs Martinus Mambraku, M.M membacakan beberapa poin penting yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah.

Ditempat yang sama, Pimpinan Sidang yang juga Wakil Ketua I DPRK Raja Ampat Reynold M Bulla mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Raja yang secara sungguh-sungguh mengikuti tahapan Pembahasan RAPBD tahun anggaran 2024 yang pada akhirnya ditetapkan menjadi APBD.

“Atas nama pimpinan dan anggota DPRK Raja Ampat menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Raja Ampat dan jajarannya atas kesungguhannya dalam mengikuti tahapan pembahasan tentang RAPBD Tahun Anggaran 2024 sehingga dapat disepakati dan disahkan dan ditetapkan tepat waktu,” ungkap Reynold M Bulla.

Dikatakannya, dalam pembahasan APBD tahun 2024 masih terdapat dinamika baik pandangan usul dan saran dari Anggota DPRK. Ia menyebut hal tersebut merupakan bagian dari penguatan kemitraan khususnya dalam mendorong peningkatan dan percepatan kesejahteraan masyarakat Raja Ampat.

Reynold M Bulla mengatakan APBD Tahun Anggaran 2024 merupakan instrumen yang menjadi pedoman pemerintah daerah dalam pelaksanaan program pembangunan daerah yang terdiri dari pendapatan belanja serta pembiayaan untuk merespon dinamika pertumbuhan ekonomi di tahun mendatang terutama dalam menghadapi pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang.

Sementara itu, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati menyampaikan apresiasi kepada DPRK Raja Ampat yang dengan penuh dedikasi telah berjuang untuk mengawal dan menghasilkan APBD yang berpihak pada rakyat. Bupati AFU mengajak Masyarakat ikut mengawal APBD 2024.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengawal dan mendukung implementasi APBD tahun 2024 bukan hanya sekedar angka di atas kertas tetapi juga merupakan instrumen nyata untuk mewujudkan perubahan yang positif bagi kita semua,” ucap Bupati Raja Ampat.

Mari kita lanjutkan perjalanan ini dengan semangat kerjasama integritas dan rasa tanggung jawab bersama-sama kita akan membangun Raja Ampat yang lebih baik lebih maju lebih cerdas dan lebih sejahtera di masa-masa yang akan datang.

Turut hadir, Bupati Raja Ampat, Sekretaris Daerah Kabupaten Raja Ampat, Pimpinan OPD, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRK Raja Ampat, Dandim 1805/R4, Wakapolres Raja Ampat, KPU dan Bawaslu Raja Ampat, Pimpinan BUMN/BUMD serta Tamu Undangan.