Antisipasi Musim Hujan, Personil Kodim 1707/Merauke Bersihkan Sampah Pasar dan Drainase

Anggota Kodim 1707/Merauke tengah membersihkan sampah di Pasar Baru Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Personil Kodim 1707/Merauke melaksanakan karya bakti dengan membersihkan sampah di Pasar Baru Merauke, Kamis (7/12/2023).

Inisiatif ini dilakukan guna mengantisipasi sebelum musim penghujan tiba yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Sampah dibersihkan lalu dibakar agar tidak bertebaran dan menghambat saluran air di sekitarnya. Sebagiannya dimuat di truk dan dibawa ke tempat pembuangan terakhir.

“Ini kami laksanakan bukan hanya di pasar, tapi juga di drainase Jalan Aru dan drainase Jalan Prajurit. Tujuannya memudahkan saluran air dan menghindari wabah demam berdarah akibat tumpukan sampah,” terang Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu Kriswandito, melalui Kasdim 1707/Merauke Mayor Arm Gordon Glenfield di tempat penjualan ikan area Pasar Baru Merauke.

Pembersihan yang dilakukan 120 anggota Kodim 1707/Merauke ini sekaligus mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan serta membuang sampah pada tempatnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, di beberapa wilayah di Kota Merauke dan sekitarnya digenangi air saat musim hujan. Kondisi tersebut dipengaruhi banyaknya sampah di saluran drainase atau sekitar tempat tinggal sehingga menghambat aliran air.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak dari Kodim 1707/Merauke yang sudah membersihkan sampah, mudah-mudahan masyarakat semakin sadar dan termotivasi untuk menjaga kebersihan,” ucap Mama Cori di sekitar Pasar Baru Merauke.