624 SPKLU di 411 Titik Siap Layani Pengguna Mobil Listrik pada Nataru

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN siap melayani pelanggan yang akan bepergian pada liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). SPKLU PLN tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan untuk mengetahui lokasi SPKLU terdekat dapat dilihat pada aplikasi PLN Mobile. (Dok PLN/TN)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – PT PLN (Persero) siap memberikan rasa nyaman kepada pengguna kendaraan listrik khususnya mobil listrik yang ingin bepergian pada liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). PLN telah menyediakan 624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 411 titik strategis.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik dengan menyiapkan SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. PLN siap memberikan kemudahan dan rasa aman kepada pengguna kendaraan listrik yang akan menghabiskan masa libur Nataru.

“Para pemudik atau masyarakat yang ingin liburan dengan kendaraan listrik kini tak perlu khawatir kehabisan baterai. Tersedia ratusan SPKLU dan petugas siaga yang siap memberikan layanan terbaik,” ungkap Darmawan di Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Sebanyak 624 unit SPKLU yang tersebar di 411 lokasi di Indonesia sebagai fasilitas penunjang yang bakal memberikan kenyamanan kepada pengguna kendaraan listrik.

Di Nataru kali ini, tol Jawa diperkirakan akan menjadi tol yang paling banyak digunakan masyarakat. Saat melintas di tol ini pun pengguna mobil listrik tak perlu khawatir, sebab PLN juga menyediakan SPKLU yang tersebar di lokasi rest area. Begitu juga bagi pengendara yang melintasi tol trans Sumatera.

PLN telah menyiapkan 64 unit stasiun pengisian energi Electric Vehicle (EV) _Charger pada 38 titik SPKLU di sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa. Darmawan melanjutkan, pengguna kendaraan listrik juga tidak perlu khawatir maupun kesulitan dalam mencari lokasi SPKLU. Lewat aplikasi PLN Mobile, kini masyarakat bisa dengan mudah mencari lokasi SPKLU terdekat. 

Selain meningkatkan layanan EV Charger di ruas tol, PLN juga meningkatkan layanan di sejumlah kota di Indonesia.

Tercatat, sebanyak 26 unit EV Charger disiapkan di 21 lokasi SPKLU untuk wilayah Banten. Kemudian, sebanyak 113 EV Charger tersebar di 43 lokasi SPKLU di wilayah Jakarta. PLN juga mengoperasikan setidaknya 150 unit EV Charger yang tersebar di 125 lokasi SPKLU di Jawa Barat.

Selain itu, sebanyak 50 EV Charger yang tersebar di 34 lokasi SPKLU di Jawa Tengah & DI Yogyakarta juga disiapkan untuk mendukung libur Nataru. Untuk wilayah Jawa Timur, disiapkan 62 unit EV Charger di 34 lokasi SPKLU serta 63 EV Charger di 29 lokasi SPKLU di wilayah Bali.

Penguatan layanan pendukung juga disiapkan di wilayah lain seperti Sumatera dengan 62 unit EV Charger di 51 lokasi SPKLU, Kalimantan dengan 37 unit EV Charger di 32 lokasi SPKLU serta 27 unit EV Charger di 18 lokasi SPKLU di Sulawesi.

Kemudian, untuk wilayah Nusa Tenggara, sebanyak 25 EV Charger yang tersebar di 16 lokasi SPKLU disiapkan untuk mendukung libur Nataru. Terakhir, 9 unit EV Charger di 8 lokasi SPKLU disiapkan untuk wilayah Maluku dan Papua. 

“PLN terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan khususnya mendukung akselerasi ekosistem EV. Selain dukungan infrastruktur charging station, berbagai fitur di PLN Mobile juga menyediakan berbagai layanan untuk kemudahan pengguna EV,” tutup Darmawan. YOK