Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPeristiwa

SKK Migas-KKKS Pamalu, LPDS dan PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Wartawan di Sorong

×

SKK Migas-KKKS Pamalu, LPDS dan PWI Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Wartawan di Sorong

Sebarkan artikel ini
foto bersama Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan oleh SKK Migas dan LPDS di Vega Hotel, Sorong, Papua Barat Daya. (Foto:Mega/TN).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM,SORONG- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bum- Kontraktor Kontrak Kerja Sama (SKK Migas-KKKSS) bersama Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggelar pelatihan bagi jurnalistik wilayah Papua dan Maluku.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara hybrid di Vega Hotel Kota Sorong, Papua Barat Daya, Senin (6/11/2023).

Example 300x600

Kepala Departement Formalitas dan Komunikasi SKK Migas wilayah Papua dan Maluku, Galih W. Agus Setiawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini topik secara garis besarnya adalah terkait kode etik jurnalis.

“Tentunya kami mengapresiasi, kami sangat kenal sahabat-sahabat jurnalis yang ada di Papua dan Maluku, itu merupakan teman-teman jurnalis yang menjunjung kode etiknya,”ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Galih, pada pelatihan tersebut salah satunya adalah menulis feature berwawasan kemanusiaan. Galih mengungkapkan, dari 220 slot yang disiapkan untuk para jurnalis di Papua dan Maluku, yang terdaftar sampai dengan hari ini sebanyak 206 jurnalis.

“Turut berbagi juga di dalamnya dari teman-teman mahasiswi-mahasiswa yang ingin berpartisipasi untuk mendengarkan, dan mungkin punya ketertarikan kepada jurnalistik itu sendiri,”ucapnya.

Galih berharap, meskipun pelatihan tersebut dilaksanakan selama 1 hari ini di Sorong, para jurnalis juga dapat mengikuti pelatihan secara virtual sampai dengan 3 hari ke depan.

Sementara itu, Direktur Eksekutif LPDS Kristanto Hartadi menyampaikan bahwa dirinya sangat senang dan bangga bisa diberi kepercayaan untuk menjadi mitra dari SKK Migas Pamalu untuk menyelenggarakan pelatihan jurnalistik ini.

“Kami juga berusaha bagaimana menyesuaikan materi yang disampaikan itu sesuai kebutuhan teman-teman jurnalis di Papua Barat Daya. Kami berharap hal-hal yang nanti akan dishare oleh teman-teman instruktur LPDS dapat dicerna dengan baik oleh teman-teman,”ucapnya.

Ia juga berharap, kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik sampai selesai, sehingga dapat meningkatkan kapasitas jurnalis, sebab tantangan jurnalis saat ini sangat berat, terutama tantangan geopolitik.

Selanjutnya, pada kesempatan tersebut beberapa narasumber dari KKKS wilayah Pamalu yang ada di Papua Barat Daya memaparkan pengembangan peningkataan produksi program-program perkembangan masyarakat di setiap wilayahnya.

Di antaranya, Field Operation Manager Petrogas (Basin) Ltd, Mustaman, R&C Coördinator RH. Petrogas, Dinda Prilia; Field Operations Manager Petrogas (Island) Ltd selakilu Ricky Tri Yuandi Syarifuddin, Field Operations Superintendent MontD’Or Salawati Ltd, David Samson, dan Deni Kurniawan selaku Assistant Manager Well Services KKKS Pertamina EP Papua Field.

Example 300250
Example 120x600