BeritaDaerah

Ria Siti Umlati Pecahkan Rekor, Perempuan Pertama Pimpin KNPI di Tanah Papua

×

Ria Siti Umlati Pecahkan Rekor, Perempuan Pertama Pimpin KNPI di Tanah Papua

Sebarkan artikel ini
Ria Siti Umlati, Karateker Ketua KNPI Raja Ampat, Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dalam Sejarah perjalanan kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di tanah Papua. Muncul sejarah baru di Provinsi Papua Barat Daya.

Bagaimana tidak, Dalam Rapat Pleno DPD KNPI Provinsi Papua Barat Daya yang digelar Sabtu (4/11/2023) malam, Jois Kambu sebagai karakter KNPI Provinsi PBD menunjuk Ria Siti Umlati dari gender Perempuan sebagai karakter ketua DPD KNPI Raja Ampat.

Jois menyebutkan sudah saatnya kaum perempuan berdiri sejajar dengan kaum laki-laki dalam kepemimpinan DPD KNPI di tanah Papua terlebih khusus di Provinsi termuda di Indonesia itu.

“Yah ini sejarah pertama di Tanah Papua bahwa DPD KNPI Provinsi Papua Barat Daya telah mengorbitkan seorang perempuan hebat Papua untuk jadi karakter ketua KNPI Raja Ampat,” ujar Jois Kambu.

Hal tersebut kata Jois sebagai bentuk DPD KNPI Provinsi Papua Barat Daya menghargai dan mendorong kesetaraan gender agar perempuan Papua juga memilik hal yang sama untuk menjadi pemimpin. Hal ini menjadi tanggung jawab kita semua, Kaum perempuan tidak selamanya menjadi kelas dua, Jois Kambu sebut sudah saatnya perempuan berdiri sejajar dengan laki-laki.

Sementara itu, Ria Siti Umlati menyebut, DPD KNPI Provinsi Papua Barat Daya dalam menunjuk dirinya sebagai karakter ketua DPD KNPI Raja Ampat tidak melihat gender sebagai alasan. Kata dia, Sebagai perempuan yang dipercayakan kita punya tugas yang sama bagaimana untuk menuntun pemuda di Raja Ampat yang lebih baik kedepannya.

Meski baru ditunjuk, Ria mengaku setelah dipercayakan sebagai karakter ketua DPD KNPI Raja Ampat, langkah pertama adalah dirinya bersama kepengurusan yang baru di tunjuk segera berkunjung ke setiap di Distrik untuk membentuk KNPI di tingkat Distrik sehingga KNPI Raja Ampat kembali berjaya.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD