Relawan Papua For Ganjar-Mahfud MD Deklarasi Dukungan Pilpres 2024

Relawan Pagama yang diketuai oleh Paul Fincen Mayor. (Foto:Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Relawan Papua for Ganjar Pranowo – Mahfud MD atau yang disingkat Pagama resmi terbentuk dan siap beri dukungan pada pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Kelompok relawan yang terdiri dari berbagai tokoh intelektual, tokoh masyarakat, tokoh adat kepala suku, aktivis, dan pemuda itu diketuai oleh Manawir Paul Fincen Mayor yang juga merupakan ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberai.

teleconference Relawan Pagama bersama Calon Presiden RI, Ganjar Pranowo di kantor Dewan Adat Papua, Wilayah III Doberai. (Foto:Mega/TN).

Pantauan media ini, deklarasi tersebut dilakukan saat teleconference bersama Calon Presiden RI, Ganjar Pranowo bertempat di kantor Dewan Adat Papua, Wilayah III Doberai yang beralamat di jalan pendidikan, kilometer 8, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Minggu (5/11/2023).

Paul Fincen Mayor dalam wawancaranya mengatakan bahwa orang-orang yang terhimpun di dalam Pagama mempunya background sebagai tokoh, sehingga tidak sulit bagi mereka untuk melakukan konsolidasi dalam waktu yang singkat.

“Maka sudah pasti kita akan kerja cepat, dan strategi sudah kita susun untuk memenangkan Ganjar 95 persen di seluruh Tanah Papua. Kita tidak mungkin pilih pemimpin yang backgroundnya atau diduga diindikasi kuat pernah terlibat pelanggaran HAM.

Menurutnya, banyak orang Papua yang dulunya menjadi korban pelanggaran HAM, bahkan masih hidup sampai hari ini. Sehingga mereka akan memilih pemimpin yang bukan menggunakan politik identitas atau diduga sebagai tokoh pelanggaran HAM.

“Kami akan memilih pemimpin yang sama dengan kami karakternya dan bisa melihat aspirasi rakyat Papua. Apalagi kami sudah mendorong untuk ketika Ganjar terpilih, Ganjar akan buat atau bentuk dalam kabinetnya ada Kementerian percepatan pembangunan kesejahteraan Papua,”jelasnya.

Sebab, sambung Paul, Papua terdiri dari 6 provinsi 49 kabupaten/ kota dengan wilayah otonomi khusus yang khususnya adalah hukum adatnya, karakteristik adat budaya, dan corak hidup yang berbeda dengan wilayah lain, dikarenakan hukum ada orang Papua yang begitu majemuk.

“Pak Ganjar tadi sampaikan tetap semangat saudara-saudara dari Papua, karena dengan dukungan dari ujung timur Indonesia dari tanah Papua membuat Ganjar semakin percaya diri untuk maju, dan beliau yakin pasti beliau menang dengan konsolidasi yang masif, terstruktur dan sistematis,”katanya.

Paul menambahkan, rencananya Ganjar-Mahfud akan melakukan kampanye pertama di tanah Papua. Mulai dari Manokwari-Sorong-Raja Ampat, Jayapura, dan Merauke.

“Kami dari Pagama sudah menyiapkan proses penjemputan secara adat Papua,”pungkasnya.

<