Berita

Pj. Bupati Yan Piet Moso Jadi Tersangka Korupsi, Mendagri Segera Tunjuk Pengganti

×

Pj. Bupati Yan Piet Moso Jadi Tersangka Korupsi, Mendagri Segera Tunjuk Pengganti

Sebarkan artikel ini
Mendagri, Tito Karnavian. (Foto:,Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian akan segera tunjuk pengganti Penjabat (Pj) Bupati Sorong, Yan Piet Mosso.

Pasalnya, jabatan tersebut kosong usai Pj. Bupati Sorong Yan Piet Mosso ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK.

“Terkait dengan pergantian Pj. Bupati Sorong segera akan saya koordinasi dengan Pj. Gubernur, apakah ada calon yang bagus dari Papua Barat Daya, kalau tidak ada yang bagus terpaksa kita ambil dari daerah lain di Papua Barat,”ujar Tito usai menghadiri Fest Papua 2023 yang digelar di gedung L.Jitmau Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (22/11/2023).

Bahkan, kata Mendagri, jika tidak ada sosok yang mumpuni di daerah, maka ia akan menunjuk Pj. dari pusat.

“Kalau seandainya diperlukan dari pusat bisa juga. Tapi prinsipnya saya akan melakukan komunikasi dengan Pak gubernur Papua Barat Daya apakah ada calon yang baik dan mumpuni. Yang baik itu yang bisa memanage dan menggunakan anggaran yang lumayan besar untuk betul-betul kepentingan rakyat dan tidak korupsi,”jelas Tito.

Terkait sanksi yang akan diberikan, Mendagri masih menunggu putusan yang inkrah dari pengadilan terkait kasus korupsi yang menjerat Yan Piet Moso.

“Kalau Pj. Bupati pasti diganti, kalau dari sisi sebagai ASN kita nanti lihat dari proses hukummnya karena masih praduga tak bersalah. Kalau sudah inkrah di Pengadilan dan diputus bersalah bisa juga dilakukan Pecat Tidak Dengan Hormat (PTDH),”tegasnya.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD