Perdana, Porseni Kaum Bapak Katolik Diadakan di Keuskupan Agung Merauke

Foto bersama Bupati Merauke, Pastor dan Kaum Bapak Katolik dalam pembukaan Porseni KBK Keuskupan Agung Merauke 2023. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Kaum Bapak Katolik (KBK) perdana digelar di Keuskupan Agung Merauke, Papua Selatan, dan dibuka pada Jumat (24/11/2023).

Bapak Katolik Pilar Keluarga dan Gereja merupakan tema yang diusung dalam Porseni KBK tahun ini dan dibuka oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Merauke Pastor Henderikus Kariwop, MSC, mewakili Uskup Agung Merauke di Lapangan Basket SMA YPPK John 23 Merauke.

“Tahun 2023 ini merupakan tahun rahmat Tuhan bagi Keuskupan Agung Merauke, karena di tahun ini, ada kebangkitan Kaum Bapak Katolik sebab sekian lama belum pernah ada tapi tahun ini betul-betul menjadi tahun rahmat lahirnya Kaum Bapak Katolik,” ungkap Pastor Hendrikus.

Disampaikan, bahwa pelaksanaan Porseni KBK lebih pada mengumpulkan Kaum Bapak Katolik di Keuskupan Agung Merauke. Selanjutnya, lewat kegiatan ini, sekaligus memperkenalkan eksistensi Kaum Bapak Katolik kepada orang banyak serta membangkitkan dalam diri kaum bapak identitas kekatolikannya, serta mengantarkan Kaum Bapak Katolik lebih aktif baik di paroki dan lingkungan masing-masing.

“Karena selama ini, faktanya hanya ibu-ibu yang lebih banyak aktif dan berperan di lingkungan dan paroki,” bebernya.

Pj Gubernur Papua Selatan diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sumber Daya Mineral Papua Selatan Lambert Patruan, ST yang juga Ketua Umum KBK Keuskupan Agung Merauke meminta peserta menjaga sportifitas dalam bertanding.

Kegiatan tersebut sangat didukung Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka, dan berharap ada banyak kemajuan yang dihasilkan oleh Kaum Bapak Katolik di paroki dan lingkungan.

“Disini bukan untuk mencari siapa menang dan kalah tapi lebih pada mempererat persatuan dan rasa persaudaraan. Mari kita bersatu, karena tantangan kita ke depan semakin besar,’’ pinta Romanus.

Ketua Panitia Alex Ronggo menyampaikan penyelenggaraan dimulai tanggal 24-30 November 2023 tersebut akan mempertandingkan bola voly, tenis meja tunggal dan beregu, catur, dan gaplek. Sementara untuk bidang seni, meliputi lomba menyanyikan mazmur, lomba trio KBK, solo KBK dan koor mini dengan jumlah peserta 300 orang dari 8 Paroki yang ada di dalam Kota Merauke.