Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Ini Respons Menohok Media Asing Terhadap Situasi Politik di Indonesia: Demokrasi Telah Mati

×

Ini Respons Menohok Media Asing Terhadap Situasi Politik di Indonesia: Demokrasi Telah Mati

Sebarkan artikel ini
Potret Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: Instagram/@jokowi).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sepak terjang politik Presiden Jokowi tengah disorot sejumlah media asing lantaran dinilai telah mematikan sumbu demokrasi di Tanah Air.

Media asal Jerman, Handesblatt, menyatakan bahwa presiden dua periode itu tengah berupaya untuk membangun dinasti yang benar-benar baru. Kondisi itu pun dianggap sebagai pembangunan politik yang sangat problematis.

Example 300x600

“Fakta bahwa Gibran yang berusia 36 tahun akan segera mengambil peran sentral di tingkat nasional adalah berkat keputusan kontroversial Mahkamah Konstitusi pekan lalu,” tulis Handelsblatt dalam keterangan tertulisnya dikutip Teropongnews, Kamis (2/11/2023).

Selain itu, majalah tua asal Amerika, Time juga menilai kesalahan langkah politik Jokowi dalam memimpin negara demokrasi.

Lebih lanjut, Time juga melirik gaya Jokowi yang sudah tidak sehat di era puncak kariernya sebagai seorang presiden.

Time menekankan bahwa Jokowi telah mencoreng citra baiknya sebagai sang ‘pendobrak demokrasi’ pada awal menjabat sebagai Presiden Indonesia.

Jokowi berhasil menjadi presiden dengan latar belakang sebagai tukang kayu dari Solo. Tapi apa yang dipertontonkan ke masyarakat kini, Jokowi malah kembali membangun dinasti-dinasti politik yang mematikan demokrasi.

“Jika kita melihat analisis yang lebih luas mengenai 10 tahun terakhir pemerintahan Jokowi, yang telah menunjukkan kemunduran demokrasi yang nyata,” tegas Ian Wilson, seorang dosen senior spesialis politik Indonesia, Australia’s Murdoch University, dikutip dari Time.

Example 300250
Example 120x600