DPRD Tetapkan Tiga PJ Gubernur Maluku, Ini Nama-namanya

Proses pemilihan tiga nama bakal calon PJ Gubernur Maluku oleh DPRD Maluku dilakukan, dalam rapat paripurna DPRD, yang berlangsung di ruang rapat paripurna, Rabu (29/11/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku akhirnya memilih, dan mengumumkan tiga nama calon PJ Gubernur Maluku, yang telah ditetapkan secara perangkingan, untuk kemudian diusulkan kepada Presiden RI, Joko Widodo lewat Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Proses pemilihan tiga nama bakal calon PJ Gubernur Maluku oleh DPRD Maluku dilakukan, dalam rapat DPRD, yang berlangsung di ruang rapat paripurna, Rabu (29/11/2023). Dari 45 orang anggota DPRD Provinsi Maluku, hanya 42 orang yang memberikan hak suaranya.

Sebanyak lima bakal calon PJ Gubernur Maluku yang mendaftar, tiga diantaranya memperoleh suara terbanyak hasil perolehan suara masing-masing:

  1. Rektor IAIN Ambon, Zainal Abidin Rahawarin memperoleh 31 suara.
  2. Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel memperoleh 31 suara.
  3. Staf Ahli KemenPAN-RB, Jufry Rahman memperoleh 29 suara.
  4. Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, M. J. Saptenno memperoleh 7 suara.
  5. Wakil Ketua Komnas HAM, yang juga mantan Wakil Wali Kota Ambon, Olivia Latuconsina/Salampessy memperoleh 6 suara.

Karena ada bakal calon PJ Gubernur Maluku yang memiliki suara yang sama, maka DPRD kemudian skorsing dan membuka kembali pemilihan putaran kedua untuk Rektor IAIN Ambon, Zainal Abidin Rahawarin, dan Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel.

Pemilihan putaran ke dua ini, tersisa 41 anggota DPRD Provinsi Maluku yang memiliki hak suara. Pasalnya, Ketua Fraksi Gerindra, Andi Munaswir yang sebelumnya hadir putaran pertama ijin di putaran dua.

Diputaran ke dua ini, setiap anggota DPRD hanya dibolehkan memilih satu nama, untuk menetapkan siapa pemenang pertama dan kedua dari calon tersebut yang memperoleh hasil suara imbang.

Namun salah satu anggota memilih tidak memberikan hak suara. Sehingga total yang memberikan hak suara hanya 40 orang anggota DPRD Provinsi Maluku saja.

Dari hasil pemilihan putaran kedua, Rektor IAIN Ambon, Zainal Abidin Rahawarin unggul dengan 21 suara, sedangkan Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel diurutan kedua dengan 19 suara.

Dengan demikian, sesuai perengkingan Zainal Abidin Rahawarin diperingkat pertama, Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel diperingkat kedua, dan H. Jufri Rahman di peringkat ketiga.

Menyikapi hasil peroleh suara tersebut, Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur George Watubun saat membaca berita acara hasil pemilihan dan perolehan suara menyebutkan, dari tiga nama ini akan diusulkan ke pemerintah pusat melalui Mendagri tidak berdasarkan angka perolehan suara, tetapi lewati rangking satu hingga tiga.

“Dengan hasil ini, maka rangking pertama Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, Mayjen TNI AD Dominggus Abraham Pakel ke dua dan Drs. H. Jufri Rahman M.Si diperingkat ke tiga. Kita berharap, semoga satu diantara ketiga bakal calon PJ Gubernur Maluku ini akan ditetapkan menjadi PJ Gubernur Maluku nanti,” harap Watubun.