BeritaDaerah

DPR RI Bersama KKP Gelar Bimtek Akses Pembiayaan Bagi UMKM Sektor Perikanan di Sorong

×

DPR RI Bersama KKP Gelar Bimtek Akses Pembiayaan Bagi UMKM Sektor Perikanan di Sorong

Sebarkan artikel ini
Anggota DPR RI Robert J Kardinal (Kameja Kuning) Foto Hiska/TN

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – DPR RI dan Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada para pelaku UMKM sektor perikanan di Kota Sorong. Bimtek kewirausahaan dan akses pembiayaan bertempat di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sorong, Rabu (15/11/2023).

Anggota Komisi X DPR RI Dapil Papua Barat Robert Joppy Kardinal mengatakan bimtek yang digelar pihaknya bersama KKP RI guna memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM sektor perikanan yang berada di Kota Sorong.

Lanjut dia, bimtek tersebut terutama membekali pembekalan kepada peserta tentang akses permodalan usaha dan skema pembiayaan dan penggunaan keuangan yang baik untuk kelangsungan usaha secara mandiri.

“Kita berharap UMKM kita ini mampu mengeksploitasi dan mengeksplorasi hasil laut ini untuk dukungan gizi anak-anak. Sehingga anak-anak didik kita ini bisa mendapatkan asupan protein non hewan tapi ikan yang akan menjadi alternatif utama,” kata Anggota Komisi X DPR RI.

Sementara itu, Penjabat Walikota Kota Sorong yang diwakili Asisten III, Hanok Talla dalam membacakan sambutan tertulis Pj Walikota Sorong mengapresiasi Anggota DPR RI dan KKP RI yang menaruh perhatiannya kepada warga Kota Sorong.

“Saya selaku penjabat wali kota
Sorong menyampaikan terima kasih.
Pada Kementerian Kelautan dan
Perikanan Republik Indonesia atas perhatiannya kepada pemerintah
daerah kota sorong melalui kegiatan yang dilaksanakan untuk membantu
para nelayan di kota sorong,” ujarnya

Bimbingan teknis kewirausahaan dan
pelatihan pengolahan hasil perikanan yang diikuti oleh nelayan dan ibu-ibu sebanyak 150 orang peserta yang berada di kota sorong.

Kepala Balai Besar Pengujian Penyerapan Prodak Perikanan ( B3P ) Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI Dr Trisna Ningsih, A.Pi., S.Pi., M,Si menuturkan Bimtek kewirausahaan yang berlangsung di Kota Sorong itu diikuti 150 peserta.

“Kegiatan Bimbingan Teknis kewirausahaan dan pembiayaan yang diikuti kurang lebih 150 orang peserta, kami didampingi oleh mitra, Anggota DPR RI Robert Kardinal dan juga
dibuka oleh penjabat Walikota Sorong,” ujar Trisna.

“Dalam kesempatan ini juga kami memberikan bantuan dan alat tangkap , mudah mudahan apa yang kami berikan bisa digunakan dimanfaatkan tidak untuk dijual,” katanya

Selanjutnya narasumber terkait dari bank BRI memberikan satu kemudahan fasilitas pengambilan kredit baik khusus maupun kredit lainnya yang mana harapan kami bapak ibu wirausaha.
Baik yang mulai maupun yang sudah melaksanakan dapat mengambil sesuai dengan persyaratan dapat juga mengembalikan dengan baik karena untuk pembangunan berikutnya.

Mudah mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat di Kota Sorong dalam usaha di sektor perikanan merupakan usaha yang memiliki meningkatkan pendapatan dan menjadi guru bagi kita semua.

Tahun ini sampai 2024, KKP telah menargetkan sekitar 1.000 UMKM di sektor perikanan. Dan diharapkan nantinya dapat menyediakan konsumsi bagi masyarakat akan ikan beserta produk-produk turunannya.

Selain menghadirkan perbankan untuk menjelaskan tentang skema pembiayaan permodalan, pelaku UMKM juga mendapat pencerahan tentang Perijinan Oleh Dinas PTSP Kota Sorong.

Sebelumnya melalui aspirasi anggota DPR RI Komisi X Robert Joppy Kardinal, KKP juga memberikan bantuan berupa alat
tangkap dan cool box ukuran 200 liter kepada, Koperasi Nelayan Nani Billy, Koperasi nelayan Rawa bantuan, kemudian Koperasi Kerukunan Nelayan Tangkap Kota sorong , alat Tangkap jaring dan line( Nilon ) sebanyak 100 unit serta colt 120 liter sebanyak 15 buah, yang di Serahkan Langsung Oleh Robert Joppy Kardinal Anggota DPR RI Komisi X.

358_PENGUMUMAN-HASIL-PENELITIAN-ADMINISTRASI_PPD