Ada Rp 50,9 Miliar untuk Bayar HPM Tenaga Pendidik Honorer di Kota Bandung

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mencairkan honorarium peningkatan mutu (HPM) triwulan 3 dan 4 kepada 9.666 pendidik dan tenaga pendidik, Rabu (29/11/2023. Total, dana yang dibayarkan kepada para pendidik dan tenaga pendidik mencapai Rp 50,9 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengatakan, HPM telah disalurkan kepada pendidik dan tenaga pendidikan non PNS jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP di lingkungan Disdik Kota Bandung.

“Pemberian honorarium merupakan subsidi yang diberikan Pemkot Bandung melalui Dinas Pendidikan, atas jasa dan pengabdian untuk pendidikan,” ujar Hikmat kepada wartawan, di Bandung, Kamis (30/11/2023).

Jumlah penerima honorarium triwulan 3 dan 4 dari Paud dan TK sebanyak 3.151 orang. Lalu, tingkat SD sebanyak 3.893 orang. Kemudian, tingkat SMP sebanyak 2.622 orang.

Rincian HPM tiap jenjang antara lain, Paud dan TK totalnya Rp 8,9 miliar. Pada tingkat SD sebanyak Rp 28,3 miliar, sedangkan tingkat SMP sejumlah Rp 13,6 miliar.

“Penerapan besaran honorarium ini sesuai dengan UMK secara bertahap, berdasarkan kemampuan anggaran Pemkot Bandung,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan pemberian HPM ini, perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas kinerja dan pengembangan kompetensi para pelaku satuan pendidikan.

”Disdik sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan pendidikan di Kota Bandung. Semoga pengembangan kemampuan dan pembentukan sikap karakter yang berakhlak mulia, bisa terimplementasi hingga dapat melakukan inovasi untuk keberhasilan tingkat terbaik pendidikan,” harapnya.