BeritaDaerah

Sekda Papua Selatan Tandatangani Kerjasama Program SKALA

×

Sekda Papua Selatan Tandatangani Kerjasama Program SKALA

Sebarkan artikel ini
Sekda Papua Selatan menandatangi kerjasama program SKALA. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pemerintah Provinsi Papua Selatan (PPS) melalui Sekda Madaremmeng melakukan penandatanganan kerjasama program Sinergi Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) kemitraan pemerintah Australia-Indonesia.

Fokus kerjasamanya adalah penguatan elemen strategis sistem pemerintahan guna mendukung pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Tujuan dari program SKALA adalah untuk mendukung pengurangan kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia khususnya di PPS, melalui peningkatan ketersediaan layanan dasar bagi masyarakat miskin dan rentan di daerah tertinggal.

“Sebenarnya mereka ini membentu kita Pemda dalam menyusun rencana kerja termasuk di dalam pekerjaannya sesuai dengan kesepakatan yang disepekati di Jakarta oleh Bapenas dan Kemendagri,” terang Sekda Madaremmeng di Swisbel Hotel Merauke usai melakukan penandatanganan bersama Theodore Weohau selaku Direktur Implementasi Program SKALA, Senin (9/10/2023).

Adapun poin yang difokuskan yakni penguatan kualitas dan peningkatan pendapatan asli daerah. Membantu menyiapkan regulasi, pengelolaan dana otonomi khusus (Otsus), pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan pengembangan SDM serta poin lain yang dibutuhkan. Namun kembali lagi berdasarkan kesepakatan yang sudah dibuat pemerintah pusat.

“Mereka juga bisa membentu khususnya yang berkaitan dengan plan dasar, seperti Papua Selatan Cerdas, Papua Selatan Sehat atau Papua Selatan Produktif bisa kita minta bantu bagaimana upaya untuk mencapai pelaksanaanya. Apa lagi kita DOB baru butuh pendampingan khususnya membuat instrumen kerja berupa Pergub. Jadi ini seperti ada tenaga konsultasi gratis untuk membantu kita bekerja sesuai kebutuhan,” sambung Sekda PPS.

5125
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kerjasama yang ditandatangani dua pihak ini akan berjalan selama 7 tahun ke depan, tutup Madaremmeng. Kerjasama tersebut disaksikan pimpinan dan perwakilan OPD teknis Papua Selatan.