Berita

Pemkot Bandung Gandeng Pengusaha Sampai Akademisi Selesaikan Darurat Sampah

×

Pemkot Bandung Gandeng Pengusaha Sampai Akademisi Selesaikan Darurat Sampah

Sebarkan artikel ini
Ketua Harian Satgas Darurat Sampah, Ema Sumarna, saat rapat penanganan darurat sampah, di Auditorium Balai Kota Bandung, Senin (16/10/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Masih dalam status darurat sampah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya mengakselerasi penanganan sampah. Seluruh elemen masyarakat berupaya dilibatkan untuk menyelesaikan masalah ini.

Ketua Harian Satgas Darurat Sampah, Ema Sumarna mengaku, pihaknya telah melakukan pendekatan ke seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari pedagang, pengusaha hingga akademisi.

Ema mengakui, penanganan sampah ini tak bisa hanya dilakukan Pemkot Bandung. Pasalnya, perlu ada dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu ia berharap, seluruh lini memiliki peran untuk mengolah sampah.

“Kita sudah melakukan pendekatan dengan mal-mal di Kota Bandung. Lalu sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit, rumah ibadah, hotel, dan restoran. Harapannya, mereka juga bisa menyelesaikan sampah di tempatnya masing-masing, sehingga meminimalisir produksi sampah ke Sarimukti,” ungkapnya.

Pemkot Bandung juga telah menjajaki bantuan di wilayah Cijeruk, Sumedang yang rencananya akan dijadikan TPA sementara.

5132
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Di media hari ini, Bupati Sumedang sudah bicara, memang belum ada yang mengelola lahan tersebut. Akan dibentuk TPA tapi belum dianggarkan, juga mengharapkan bantuan keuangan. Ini tetap diproses walau tidak jadi solusi utama, karena kita terbatas kuota Sarimukti,” paparnya.

Tak hanya itu, Ema pun menugaskan para aparat kewilayahan, untuk blusukan sekaligus mengedukasi masyarakat terkait pengolahan sampah.

“Kemarin keliling di 7 kecamatan, ada dua kecamatan sudah baik, contoh Cicendo sudah ada loseda, habis sampah organiknya. Lalu dibuatkan kotak seperti sangkar burung, sampah botol minuman kemarin terkumpul dan sudah disedekahkan sampahnya,” ujar Ema dalam rapat penanganan darurat sampah, di Auditorium Balai Kota Bandung, Senin (16/10/2023).

Sementara itu, Asisten Pemerintah dan Kesra, Asep Saeful Gufron menyebutkan, Pemkot Bandung juga telah menerima audiensi dengan Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung, untuk penanganan sampah di lingkup tempat ibadah.

“Masjid Ukhuwah sudah melaksanakan pengolahan sampah mandiri, Pesantren Sirnamiskin juga. Hari ini bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) akan sosialisasi untuk tokoh agama. Mudah-mudahan ending-nya, semua tokoh agama bisa sosialisasikan lagi,” harap Asep.

Ia mengatakan, Pemkot Bandung akan terus berupaya khusus di lingkup tempat ibadah, dengan mengundang pimpinan pondok pesantren dalam sosialisasi darurat sampah.

Sedangkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengaku, pihaknya terus memantau pengelolaan sampah di beberapa mal. Ada 5 pusat perbelanjaan yang sudah mengikuti jejak PVJ dalam mengelola sampah.

“Yakni TSM, Ubertos, The botanical, Balubur Town Square. Bebetapa Mall sudah lakukan pemilahan sampah ada yang mandiri ada yang pihak vendor, misal MIM,” jelas Elly.

Kemudian, menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto, sudah ada 3.000 pelajar yang siap menjadi volunteer penanggulangan sampah di Kota Bandung.

“Bidang relawan sudah ada pelatihan pemuda untuk pengolahan limbah plastik jadi cuan. Di Tegallega, dibentuk pemuda peduli lingkungan, ada 3.000 pelajar siap jadi volunteer penanggulangan sampah di Kota Bandung. Siap membantu di kecamatan dan instansi lain,” ungkap Eddy.