BeritaPendidikan

KRI Teluk Weda-526 Bantu Hapus Buta Huruf Warga di Daerah Pesisir

×

KRI Teluk Weda-526 Bantu Hapus Buta Huruf Warga di Daerah Pesisir

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebagai salah satu unsur kapal perang dari Satuan Kapal Amfibi Koarmada III, KRI Teluk Weda-526 turut serta mendukung dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan Literasi Kemampuan Membaca Anak.

Kali ini pelaksanakan program literasi kembali digelar di Kota Sorong, tepatnya di atas kapal perang yang sandar di Dermaga Lantamal XIV Sorong Papua Barat Daya, Rabu (25/10/23).

Dikatakan Komandan KRI Teluk Weda-526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma, bahwa program literasi kali ini merupakan kegiatan literasi kedua kalinya yang dilaksanakan di Sorong yang digelar di Helly Deck dan Lounge Room KRI Teluk Weda-526 dengan lomba story telling, membaca puisi, membaca buku, menggambar dan mewarnai, setelah pada awal bulan September 2023 lalu dilaksanakan di Mako Lantamal XIV Sorong.

Adapun berbagai macam lomba diikuti oleh sekitar 483 peserta dari berbagai Sekolah Dasar dan komunitas membaca buku yang berada di Kota Sorong, termasuk peserta dari Pulau Doom sebanyak 50 orang dan dari pesantren sebanyak 30 orang.

Ditambahkannya, selain mengikuti lomba-lomba, anak-anak juga bisa membaca buku-buku bacaan yang menarik didalam suasana kapal perang yang jarang mereka temui, dimana buku-buku bacaan tersebut tersusun di rak-rak buku untuk dibaca anak-anak sesuai minatnya, selain itu juga mereka dapat membawa pulang buku-buku yang diminati, dan diakhir lomba diadakan Fashion Show tenue TNI AL.

Buku-buku ini merupakan sumbangan dari Perpustakaan Nasional dan Komunitas Kargo Baca untuk disalurkan kepada anak-anak yang tinggal di daerah pesisir yang sulit dijangkau, dimana kegiatan tersebut didukung penuh oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Pangkoarmada III dan Komandan Satuan Kapal Amfibi (Dansatfib) Koarmada III, ungkap Komandan KRI KRI Teluk Weda-526.

Sementara itu Komandan Satuan Kapal Amfibi (Dansatfib) Koarmada III Kolonel Laut (P) Hartanto mengatakan bahwa KRI Teluk Weda-526 merupakan salah satu unsur kapal perang dari Satuan Kapal Amfibi/Satfib Koarmada III yang sangat aktif dalam melaksanakan patroli dan menjaga keamanan laut di wilayah kerja Koarmada III, dan saat sandar dimanapun berada di baik wilayah Papua dan Maluku, kapal tersebut mengemban misi sebagai perpusakaan terapung di daerah-daerah pesisir.

Pada bagian lain ditempat terpisah, Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan bahwa kapal-kapal perang Koarmada III yang sandar di daerah pesisir diharapkan dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat dan berkontribusi positif bagi masyarakat di sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *