Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
KriminalitasPemerintahan

Ini Kata Dishub DKI Soal Pencabutan ‘Stick Cone’ Sepeda Usai Viral di Media Sosial

×

Ini Kata Dishub DKI Soal Pencabutan ‘Stick Cone’ Sepeda Usai Viral di Media Sosial

Sebarkan artikel ini
Unggahan video di media sosial X dari akun @imamnasserie69 yang memperlihatkan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang sedang mencabut stick cone jalur sepeda. (Foto: Tangkapan layar).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Media sosial kini dihebohkan dengan unggahan video dari akun @imamnasserie69 yang memperlihatkan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sedang mencabut stick cone jalur sepeda.

Unggahan video tersebut mengatakan jalur tersebut diperuntukan bagi para penggiat sepeda. Akan tetapi mempersempit ruas jalan karena masih sedikit masyarakat yang menggunakan sepeda dalam beraktivitas sehari-hari.

Example 300x600

“Dibuat jalur untuk sepeda tapi sangat sedikit sepeda yang melintas. Hanya bikin macet karena jalan menyempit. Bongkar saja,” tulis video tersebut yang dilihat TeropongNews, Selasa (17/10/2023).

Usai viral di media sosial karena unggahan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Syafrin Liputo berdalih bahwa kondisi stick cone tersebut sudah tak layak. Hal ini disebabkan, akibat adanya kecelakaan dan ditabrak oleh kendaraan bermotor dan tidak semua dapat dipantau.

“Pembongkaran stick cone jalur sepeda yang dilakukan secara bertahap, stick cone rusak dikarenakan tertabrak oleh kendaraan bermotor dan tidak diketahui waktu kejadiannya,” kata Syafrin kepada awak wartawan, Selasa (17/10/2023).

Kemudian, Syafrin mengungkap, pencabutan stick cone ini merupakan langkah dari Dishub DKI untuk menjamin keselamatan. Lalu, lanjutnya, keselamatan yang dimaksud bagi para pesepeda dan pengguna jalan lainnya untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Lebih lanjut, Syafrin menyampaikan, pencabutan stick cone ini adalah sebagai tindaklanjut dari laporan masyarakat terhadap kerusakan stick cone dibeberapa lokasi.

“Adanya aduan Masyarakat dalam sistem CRM untuk ditindaklanjuti karna stick cone rusak maka dilakukan dengan pencabutan stick cone,” pungkas Syafrin.

Adapun beberapa lokasi ruas jalan yang dilakukan pencabutan stick cone meliputi:

  1. Ruas Jalan Tentara Pelajar
  2. Ruas Jalan Keramat Raya
  3. Ruas Jalan Hos Cokroaminoto
  4. Ruas Jalan Ahmad Yani
  5. Ruas Jalan DI Panjaitan
  6. Ruas Jalan Penjernihan
  7. Ruas Jalan Salemba Raya
  8. Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan
  9. Ruas Jalan RP Soeroso
  10. Ruas Jalan Dr. Sutomo
  11. Ruas Jalan Tugu Tani
  12. Ruas Jalan Teuku Cik Ditiro
  13. Ruas Jalan Prajurit KKO Usman
Example 300250
Example 120x600