BeritaPeristiwa

HUT ke-78 TNI, Momentum Intropeksi dan Berbenah Diri

×

HUT ke-78 TNI, Momentum Intropeksi dan Berbenah Diri

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Pangkoarmada III Laksamana muda TNI Rahmat, Jayadi, S.Tr(han) bersama Danrem 181 PVT Sorong dan kepala daerah se-Papua Barat Daya.

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) diperingati setiap tanggal 5 Oktober.

Untuk wilayah Sorong, Papua Barat Daya, HUT Ke-78 TNI digelar di Alun-alun Aimas, Kelurahan Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (5/10/2023). Pangkoarmada III Laksamana muda TNI Rahmat, Jayadi, S.Tr(han), bertindak sebagai nspektur Upacara.

Dalam Amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Pangkoarmada III menyampaikan bahwa TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun.

”Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik,”ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Pangkoarmada III, berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air, TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

5112
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

”Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini”,ucap Pangkoarmada III.

Pangkoarmada III juga mengingatkan, terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah diraih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan dihadapi tidaklah ringan.

”Setelah Pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia”,katanya.

”Oleh karena itu, momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh”,sambungnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahterah.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh, Kepala daerah kabupaten/Kota se-Papua Barat Daya, Danlantamal XIV, Danpasmar 3, Danrem 181/PVT, Para Kasi Korem 181/PVT, Para Komandan Kodim jajaran Korem 181/PVT, Dirpolairud Polda Papua Barat, Kapolres Sorong Kota dan Kapolres Sorong, legslatif, para Veteran TNI, Tokoh Agama, Masyarakat, Pemuda dan Perempuan.