Berita

TP PKK Siap Bantu Pemkot Bandung Percepat Penurunan Stunting Hingga Sampah

×

TP PKK Siap Bantu Pemkot Bandung Percepat Penurunan Stunting Hingga Sampah

Sebarkan artikel ini
Serah Terima Jabatan Ketua TP PKK, dari Plh. TP PKK Kota Bandung, Rita Verita kepada PJ TP PKK Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah, di Kantor TP PKK Kota Bandung, Selasa (26/9/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) memiliki peran yang sangat strategis, dalam pencapaian tujuan program pemerintah, terutama dalam penguatan keluarga secara kelembagaan.

Banyak program pemerintah yang pelaksanaannya melibatkan PKK seperti penanganan sampah, stunting, Open Defecation Free (ODF), kesehatan ibu dan anak, tindak kekerasan dalam rumah tangga, serta masalah perkawinan anak.

“Saat ini kita terus fokus penuntasan stunting. Itu menjadi tugas kita, dengan target 15 persen,” kata Asisten Pemerintah dan Kesra Kota Bandung, Asep Gufron, saat acara serah terima jabatan, Ketua TP PKK, di Kantor TP PKK Kota Bandung, Selasa (26/9/2023).

Para acara ini diserah terimakan jabatan dari Plh. TP PKK Kota Bandung, Rita Verita kepada Pj. TP. PKK Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah.

Asep mengatakan, dengan empat kelompok kerjanya, TP PKK sangat membantu tercapainya tujuan pembangunan.

Misalnya, pokja pertama tentang penghayatan dan pengamalan Pancasila, dan program gotong royong. TP PKK membuat program Pola Asuh Anak dan Remaja di era Digital (Paaredi).

Melalui program ini, TP PKK berusaha meningkatkan peran keluarga dalam membentuk, membangun, dan menerapkan pola asuh yang tepat di era digital.

“Pokja dua tentang mengelola program pendidikan dan ketrampilan, serta pengembangan kehidupan berkoperasi, yang berusaha meningkatkan pendapatan masyarakat melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K),” bebernya.

Hal yang sama, lanjut Asep, dilakukan pokja tiga yakni mengelola program pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga. Sementara itu, pokja empat yang mengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Saya berharap, dalam melaksanakan program dan kegiatannya, PKK hendaknya dapat berkolaborasi secara pentahelix mewujudkan tujuan pembangunan Kota Bandung yang unggul,” ujarnya.

Kepada ketua PKK Kota Bandung yang baru, dia mengucapkan selamat mengemban amanah, semoga bisa beradaptasi melaksanakan tugas TP PKK Kota Bandung.

“Bisa tancap gas melaksanakan apa yang menjadi tugas dan kewajiban sebagai ketua TP PKK. Dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik, dan bersama semua anggota PKK bekerja sama, dan saling melengkapi dalam rangka membantu lajunya pembangunan di Kota Bandung ini,” pinta dia.

Sementara itu, PJ Ketua TP PKK Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah menyampaikan rasa syukurnya, atas kehormatan yang diberikan saat ini pada TP PKK Kota Bandung.

“Sekarang ini, saya selaku Penjabat Ketua TP PKK akan melanjutkan program yang belum sempat tersentuh, dan menyempurnakan program yang masih kurang,” ujarnya.

Ia berharap, jabatannya saat ini, mampu dibantu oleh jajaran pengurus maupun anggota TP PKK, sehingga Kota Bandung lebih nyaman.

Ia pun mengatakan, saat ini masih masuk pada darurat sampah. Sehingga peran TP PKK sangat dibutuhkan.

“Insyallah saya mampu mengembannya, dan bisa menjalankan tugas ini dengan amanah. Kuncinya, kerjasama para pengurus dan anggota,” tutur Linda.

Sedangkan Rita Verita mengungkapkan, dirinya menjadi Pelaksana Harian TP PKK sejak 4 Mei 2023.

“Saya menerima surat perintah dari TP PKK Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan tugas sebagai Plh Ketua TP PKK. Beberapa minggu menjabat, dihadapi berbagai lomba tingkat provinsi atau nasional,” tandas dia.