Romanus : PAD Merauke Belum Signifikan, Perlu Dorong Beberapa Sumber Penerimaan

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka. Foto-Getty/TN.

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka menyebut Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Merauke belum signifikan dari tahun ke tahun.

Disampaikan, sebelumnya PAD hanya di posisi 196 miliar sebelum perubahan dan 200 miliar setelah perubahan. Namun, kenaikan tersebut belum besar menurut Romanus karena capaiannya masih di bawah 250 miliar. Untuk itu Pemkab Merauke getol untuk mendorong beberapa sumber penerimaan lagi guna menambah sumber Pendapatan Asli Daerah tahun ini.

“Salah satu misalnya air tanah yang ada di perusahan-perusahan yang ada di Kabupaten. Kita dengan DPRD lagi kerja sama untuk didorong, tapi kita harus teliti objeknya, kita ukur dan hitung kira-kira berapa besar air tanah yang mereka ambil,” terang Romanus, Kamis (21/9/2023) di Gedung DPRD Merauke.

Dengan hitungan-hitungan yang dilakukan selanjutnya dapat disimpulkan besaran pajak yang harus dibayar perusahan kepada Pemerintah setempat.

“Memang kita lagi terus lakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah kita. Sementara kita lakukan dari air tanah, mudah-mudahan ada peningkatan yang signifikan,” tutup Romanus.

<