Berita

Pemkot Ambon Terima Kunker FKUB Depok

×

Pemkot Ambon Terima Kunker FKUB Depok

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, saat menerima kunjungan kerja FKUB Kota Depok, Jawa Barat, di Ruang Rapat Vlisingen, Balai Kota Ambon, Rabu (20/9/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, menyambut baik Kunjungan Kerja (Kunker) dalam rangka Koordinasi dan Komunikasi yang dilakukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Depok, Jawa Barat ke Kota Ambon.

1728
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Penyambutan tersebut dilakukan langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse, yang didampingi oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Yan Suitela, Kepala BPKAD, Apries Gaspersz, Kabag Komunikasi Pimpinan dan Protokol, Tawarich Mintik, Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Fenly Masawoy, bersama dengan FKUB Kota, yang merupakan Tokoh Agama, di Ruang Rapat Vlisingen, Balai Kota Ambon, Rabu (20/9/2023).

Dalam sambutannya Ririmasse mengaku, Pemkot Ambon dalam hal ini dirinya bersama dengan PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena menyambut serta berterimakasih kepada FKUB Kota Depok yang didampingi oleh Kepala Kesbangpol, Lienda Ratna Nurdiany, yang telah menyambangi Ibukota Provinsi Maluku ini, guna mempelajari sikap toleransi yang dijalankan di sini.

“Saya dan Pak Penjabat berterimakasih karena telah mendatangi kota ini. Semoga banyak informasi bermanfaat yang diterima, yang baik dibawa pulang yang tidak ditinggalkan saja,” pinta Ririmasse.

Ririmasse membeberkan, kota ini pada periode 1999-2003 pernah mengalami konflik sosial yang menghancurkan tatanan kota ini, baik dari aspek pembangunan, ekonomi, sosial, dan budaya.

Akan tetapi melalui semangat hidup orang Basudara, budaya Pela dan Gandong juga kerja sama antar Pemkot, Tokoh Agama, masyarakat, pemuda, dan segenap masyarakat konflik tersebut berangsur membaik.

“Oleh karena itu, peran dari FKUB bagaimana bisa memberikan pencerahan bagi umat, agar kerukunan yang telah diperjuangkan, tetap dipertahankan. Hal tersebut juga dapat diterapkan oleh FKUB Kota Depok,” ujar dia.

Ririmasse juga menyebutkan, langkah serta terobosan yang telah dilakukan, sehingga konflik yang pernah terjadi di kota ini dengan cepat bisa diselesaikan.

“Kita selalu sosialisasi dan promosi kepada dunia bahwa status Ambon City of Peace, melalui Monumen Gong Perdamaian Dunia (GPD), sebagai simbol. Kita juga memfasilitasi pembangunan pusat kegiatan keagamaan terintegrasi seperti, Islamic Center, Katolik Center, dan Christian Center. Kita juga memfasilitasi pembentukan berbagai organisasi pemuda-pemudi, untuk mendukung kerukunan umat beragama, dan menyuarakan perdamaian melalui optimalisasi kultur musik sebab Ambon Kota Musik,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Depok, Lienda Ratna Nurdiany mengaku, melalui kunjungan ini pihaknya ingin mengetahui lebih banyak, terkait dengan upaya yang dilakukan untuk mempertahankan toleransi serta bangkit dari keterpurukan konflik, sehingga ilmu, informasi, serta pengetahuan dikembangkan pada daerahnya yang dikenal sebagai kota intoleran.

“Kami ingin lebih banyak menimbang ilmu pengetahuan, dan informasi. Mudah-mudahan ada hal-hal, dan ilmu yang kami dapat,” harap Lienda.