Berita

Sejumlah Infrastruktur di Maluku Rusak, Ini Langkah Komisi III

×

Sejumlah Infrastruktur di Maluku Rusak, Ini Langkah Komisi III

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Richard Rahakbauw. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Cuaca ekstrim yang terjadi di Wilayah Maluku beberapa hari belakangan, menyebabkan sejumlah infrastruktur baik jalan maupun jembatan di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mengalami kerusakan yang parah.

Jembatan yang terdampak diantaranya, Jembatan Kawanua, di Desa Saunolu, Kecamatan Tehoru, dan ruas jalan Waisarisa menuju Piru, serta beberapa ruas jalan lainnya.

Untuk itu, Komisi III DPRD Provinsi Maluku akan memanggil Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Ambon, terkait dengan kerusakan infrastruktur pada beberapa ruas jalan tersebut.

“Kita akan agendakan pemanggilan BPJN untuk kita duduk bersama, dalam rangka membahas kerusakan infrastruktur agar ada solusi, untuk segera diselesaikan,” kata Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Richard Rahakbauw kepada wartawan, di kantor DPRD Provinsi Maluku, Selasa (1/8/2023).

Dikatakan, DPRD tetap melakukan langkah-langkah terbaik, agar akses Infrastruktur di Maluku dapat kembali lancar, supaya pertumbuhan ekonomi tetap berjalan.

5423
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Diakuinya, penanganan darurat terhadap jembatan yang rusak telah dilakukan oleh BPJN, tetapi untuk jangka panjang harus ada pekerjaan yang permanen, sementara untuk mengerjakan jembatan yang rusak membutuhkan anggaran yang besar.

Selain itu, kondisi APBD Provinsi Maluku tidak mampu untuk mengcover anggaran bagi perbaikan sejumlah infrastruktur tersebut, sehingga mau tidak mau DPRD harus membangun koordinasi dengan BPJN.

“Memang anggaran tidak banyak, makanya kita harus bangun koordinasi dengan BPJN, agar ada solusi bagi perbaikan infrastruktur di Maluku yang rusak belakang ini bisa teratasi,” tandas Rahakbauw.